Petarung UFC Asal Brasil Positif Korona

Ronaldo Jacare Souza yang dinyatakan positif covid-19. (Foto: dok.themaclife)

Event UFC 249 yang berlangsung kemarin (10/5/2020) di VyStar Memorial Arena, Jacksonville, Florida, Amerika Serikat (AS), nyaris berantakan.

Penyebabnya, salah seorang petarung yang akan tampil di kelas menengah, Ronaldo ”Jacare” Souza, dinyatakan positif covid-19. Dia dijadwalkan melawan Uriah Hall.

Petarung asal Brasil itu tidak sendirian terpapar virus korona baru. Dua orang dari tim ofisialnya juga dinyatakan positif.

UFC pun langsung membatalkan pertarungan Souza kontra Hall. Souza dan dua tim ofisialnya langsung dievakuasi dari hotel tempat para petarung menginap. Dia lantas dikarantina di tempat aman.

Meski demikian, UFC memastikan ajang UFC 249 bakal tetap berlangsung. Komisi Atlet Florida sudah memberikan lampu hijau agar acara dilanjutkan.

”Tidak ada orang lain yang positif selain Souza dan dua ofisialnya. Sejak kedatangan sampai pemindahan, Souza dan dua ofisialnya terus mengikuti protokol keselamatan dan kesehatan,” tulis UFC dalam rilis mereka seperti dilansir MMAFighting.

Dalam laporan panitia, sejak awal Souza mengaku salah satu anggota keluarganya terpapar covid-19. Namun, tim medis tidak mengambil tindakan apa pun sambil menunggu hasil tes keluar.

Souza sempat diwawancarai MMAFighting sebelum dinyatakan positif. Dia mengaku takut dengan pandemi covid-19 yang terus meluas. Tapi, dia tidak memiliki pilihan selain tetap menerima jadwal pertarungan demi menghidupi kebutuhan keluarganya.

”Saya lebih takut jika tak mampu membayar cicilan rumah dan tagihan-tagihan lain yang datang,” ucap Souza.

Sementara itu, UFC 249 menjalankan protokol kesehatan ketat. Seluruh pertarungan diadakan tertutup. Fans bisa menyaksikan duel itu melalui saluran ESPN+. (irr/c10/na/jpg)