Ingin Banggakan Orang Tua, Elkan Baggott Pilih Indonesia

174
Elkan Baggott. (net)

Nama Elkan Baggott sempat jadi perbincangan hangat. Sebab, pemain Ipswich Town itu sempat jadi rebutan antara Indonesia dan Thailand. Lahir di Thailand dengan ayah berkebangsaan Inggris dan ibu berdarah Indonesia membuatnya jadi rebutan.

Namun, Elkan akhirnya memilih Indonesia. Negara yang prestasi sepak bolanya di bawah Negeri Gajah Putih. Dia pun membuktikannya dengan memenuhi panggilan training camp dari timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Kenapa? Pemain kelahiran 23 Oktober 2004 itu mengungkapkan, banyaknya keluarga dekat yang tinggal di Jakarta jadi salah satu alasannya. Dia merasa nyaman dengan hal tersebut. “Teman-teman saya juga banyak yang mendukung. Mereka memberikan motivasi terus agar saya selalu bekerja keras untuk mendapatkan posisi inti di timnas,” tuturnya.

Alasan lain adalah ingin membanggakan orang tua. Elkan menyebut orang tuanya sangat mendukung dirinya berseragam Merah Putih. Kedekatan dengan Indonesia dari sang ibu membuatnya tak ragu akhirnya memilih Indonesia sebagai pelabuhan karirnya untuk timnas. “Keluarga saya juga bangga. Yang pasti, saat ini saya ingin memberikan kebanggaan untuk negara ini,” bebernya.

Baca Juga:  Meliana Ratih Pratama, Atlit Renang Sijunjung Raih Emas ASEAN Para Games!

Elkan mengaku tidak mudah ketika kali pertama berlatih pada 8 Juli lalu. Perbedaan cuaca yang sangat jauh antara Inggris dan Indonesia sempat membuat fisiknya menurun. “Saya juga masih jet lag. Perbedaan waktu enam jam antara Inggris dan Indonesia sedikit menyulitkan,” bebernya.

Untung saja, rekan-rekan yang baru dikenalnya di timnas banyak membantu. Walau baru kenal, dia menyebut pemain timnas U-19 sangat ramah. “Mereka juga membantu saya berkomunikasi, men-translate dari bahasa Indonesia ke Inggris,” terangnya.

Pemain yang mengidolakan Rio Ferdinand itu berjanji akan menyatu dengan tim secepatnya. Akan bekerja keras agar mendapatkan satu posisi di timnas. “Target awal memang mendapatkan posisi inti dulu. Target selanjutnya adalah memenangkan Piala AFC, lantas melakukan yang terbaik di Piala Dunia,” harapnya. (rid/jpg)