Menang Bukanlah Impian

18
ilustrasi. (net)

Meskipun sama-sama hampir berusia satu tengah abad, Wolverhampton Wanderers (berdiri 1877) dan Sevilla FC (1890) belum pernah bertemu dalam laga resmi. Nah, dini hari nanti akan menjadi yang pertama. Yakni pada perempat final Liga Europa di Schauinsland-Reisen Arena, Duisburg, Jerman (siaran langsung SCTV, pukul 02.00 WIB).

Namun, bila prestasi kedua klub tersebut di kompetisi Eropa dibandingkan, jelas Wolves –julukan Wolverhampton Wanderers- kalah kelas dengan Los Nervionenses –julukan Sevilla FC. Sejauh ini Los Nervionenses sudah lima kali juara di kompetisi kasta kedua Eropa ini (2005–2006, 2006–2007, 2013–2014, 2014–2015, 2015–2016). Sedangkan Wolves, paling banter hanya sekali runner up. Itu pun sudah sangat lama, yakni pada musim 1971–1972, saat ajang ini masih bernama Piala UEFA.

Sebab itulah, kiper Wolves, Rui Patricio, ingin mencoba membawa klub ini melangkah sejauh mungkin. Pemain asal Portugal itu cukup berpengalaman di kancah Eropa ini. Paling tidak di pernah membawa mantan klubnya, Sporting CP dua kali ke semifinal musim 2011-2012 dan 2017-2018.

Namun, sebagaiman dilansir laman resmi klub asal Inggris tersebut, Patricio sadar Wolves masih memiliki jalan panjang di ajang ini. “Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit, melawan tim yang luar biasa. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mencapai tujuan kami. Karena itu yang paling penting, mempersiapkan dengan baik dan menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Dia menegaskan, timnya akan mempersiapkan diri dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan selama ini. “Sevilla memiliki tim yang luar biasa, tetapi kami akan pergi ke sana dan memberikan segalanya, kami akan bersaing dan berjuang untuk tujuan kami. Hal utama yang akan kami lakukan adalah bersaing dan memberikan yang terbaik agar kami bermain dengan baik dan mencapai tujuan kami,” katanya.

Baca Juga:  700 Atlet Karate se-Sumbar Berebut Piala Andre Rosiade

Patricio mengungkapkan, adalah impian setiap pemain, pelatih, dan staf untuk memenangkan kompetisi ini. Namun, jelas itu dengan harus memenangkan setiap pertandingan yang tersisa.

“Saya tidak akan duduk di sini dan mengatakan bahwa menang bukanlah impian kami. Tapi kami tahu, pertama-tama kami harus melewati Sevilla dan kemudian kami harus melewati tim lain dan kemudian ke final di mana kami harus menang,” tuturnya.

Di kubu Sevilla FC, kompetisi ini juga penting bagi mereka. Sebagaimana dikutip di laman resmi klub tersebut, penyerang Sevilla FC, Lucas Ocampos, kepada UEFA.tv mengungkapkan, kalau mereka harus melakukan yang terbaik untuk memastikan klub mempertahankan statusnya di kompetisi.

“Sejarah memberi Anda tekanan yang bagus, karena berada di babak ini sangat penting dan terus menang membuat Anda semakin bersemangat untuk pertandingan berikutnya,” kata pemain asal Argentina itu.

Meskipun demikian, dia tak mau menganggap remeh kekuatan Wolves. Menurutnya, anak asuh Nuno Espirito Santo itu sangat kompetitif. “Siapapun yang menonton sepak bola telah melihat mereka bermain. Mereka memiliki pemain hebat dan mereka datang ke sini haus akan kejayaan untuk mengalahkan kami. Saya pikir itu akan terjadi,” tukasnya. (cip)