PSSI Dukung Penundaan Piala AFC

37
Timnas U-19 menjalani latihan. (dok. PSSI)

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda Piala AFC U-19 dan U-16 yang akan bergulir pada Oktober dan November 2020 menjadi awal tahun 2021. Penundaan diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9).

Menanggapi hal ini, dilansir laman resmi PSSI, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI menghargai dan menghormati keputusan yang telah dibuat oleh AFC. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Dia menambahkan, PSSI sudah menyiapkan timnas Indonesia U-19 untuk langsung melanjutkan pemusatan latihan (TC) usai dari Kroasia.  “Dengan penundaan Piala AFC U-19 ini, maka timnas U-19 yang saat ini di Kroasia  akan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang.  Selain itu, kami ada alternatif TC di Spanyol atau Portugal. Saat ini kami sudah mendapat persetujuan dari Federasi Turki untuk melanjutkan TC di sana,” tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.

Diungkapkan dalam laman resmi PSSI tersebut, bahwa dalam rilisnya AFC menyadari pandemi Covid-19 akan mempengaruhi kemampuan untuk menyelenggarakan beberapa turnamen itu. “Komite Eksekutif AFC menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi.

Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan AFC U-16 dan AFC U-19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal tahun 2021,” tulis AFC.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, mengatakan ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola -dan olahraga secara umum. Pihaknya mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota.

Baca Juga:  Muhammad Iqbal dan Ikhsan Nul Zikrak Pemuda Kudugantiang Padangpariaman

“Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh sepak bola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini,” sambungnya.
Awalnya Piala AFC U-16 akan berlangsung pada pada tanggal 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sementara itu, untuk Piala AFC U-19 akan berlaga di ajang ini pada 14 hingga 31 Oktober 2020 mendatang di Uzbekistan.

Hari Ini Lawan Arab Saudi
Sementara itu, timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga ketiga atau terakhir pada International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, malam ini WIB. Setelah kalah dalam dua laga sebelumnya, kalai ini tim berjuluk Garuda Muda itu akan berhadapan dengan Arab Saudi (siaran langsung Mola TV pukul 21.00 WIB).

Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan bahwa anak asuhnya bertekad bermain lebih baik saat melawan Arab Saudi. “Jadi besok melawan Arab Saudi kami akan fokus bagaimana peningkatan dan perkembangan pemain. Kami akan perbaiki kekurangan pada dua pertandingan sebelumnya. Kami sudah memberikan materi kepada pemain hal-hal apa yang perlu dilakukan saat melawan Arab Saudi,” terang Shin Tae-yong dalam laman resmi PSSI.

“Saat melawan Bulgaria dan Kroasia kita memang kalah besar dan ini membuat masyarakat atau fans timnas Indonesia kecewa. Namun saya menilai pemain mengalami perkembangan yang bagus dan membaik,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.
Pemain belakang timnas Indonesia U-19, Komang Tri mengatakan ia dan rekan-rekannya akan berjuang keras pada pertandingan hari ini. “Arab Saudi tim yang bagus, buktinya mereka hanya kalah tipis melawan Kroasia dan Bulgaria. Namun kami sudah siap melawan mereka dan bertekad memberikan penampilan terbaik,” ujar pemain asal Bali United tersebut.

Selain mengikuti turnamen tersebut, skuat Garuda Muda juga kembali melakukan uji coba dengan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. (cip)