Honda DBL Dimulai, Champion Putra-Putri Perebutkan Piala Gubernur Sumbar

42

Liga basket pelajar terbesar di Indonesia yang sudah ditunggu-tunggu para student-athlete di Sumatera Barat, Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021 West Sumatera Series, dimulai Sabtu sore ini (11/12).

Ada yang spesial pada penyelenggaraan Honda DBL Seri Sumbar musim ini, yang berlangsung hingga 17 Desember mendatang di GOR Prayoga. Tim putra dan putri yang nantinya akan keluar sebagai champion, bakal memperoleh dua piala sekaligus. Selain trofi khas Honda DBL, peserta putra dan putri juga bakal memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Barat.

Piala bergengsi tersebut merupakan bentuk dukungan penuh dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. Terhadap kegiatan olahraga bagi masyarakat, khususnya anak muda. Tokoh yang biasa disapa Buya ini tengah gencar mendorong masyarakat kembali melakukan kegiatan. Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) demi mengurangi penyebaran Covid-19.

“Dari awal tim DBL Indonesia melakukan audiensi untuk menyelenggarakan kegiatan di Sumbar, saya langsung menyambut baik. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda Sumatera Barat. Saat 2020 kondisi pandemi Covid-19 semua kegiatan berhenti total. Momen seperti ini sangat ditunggu-tunggu untuk membangkitkan kembali kreativitas anak muda khusunya dalam olahraga basket” ujar Gubernur Mahyeldi.

“Kegiatan ini juga patut diapresiasi, pihak penyelenggara sangat konsen terhadap protokol kesehatan dengan memastikan semua yang berhubungan dengan kegiatan baik peseta yang bertanding, ofisial, wasit, maupun panitia diwajibkan untuk tes swab PCR. Terimakasih kepada DBL Indonesia yang sudah menunjuk Sumatera Barat sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Honda DBL sejak 2011. Kita berharap dengan kegiatan ini akan lahir atlet-atlet basket profesional dari Sumatera Barat. Selamat bertanding kepada semua tim yang akan berlaga, tetap menjunjung sportifitas dan menjaga kekompakkan,” tambahnya.

Honda DBL 2021 West Sumatera Series diikuti total 24 tim, mewakili 16 sekolah se Sumbar. Terdiri dari 14 tim putra dan sembilan tim putri. Melibatkan total 493 peserta, terdiri dari pemain basket 5×5 dan 3×3, anggota tim dance, serta ofisial dari masing-masing tim.

Pada opening party yang dilangsungkan sore hari ini, akan menyajikan dua laga pembuka yang seru. Pada laga pertama, tim putra SMA Don Bosco Padang yang berstatus juara bertahan, akan saling jegal dengan MA Ar-Risalah Padang yang berstatus runner-up musim sebelumnya. Laga ini ibarat final kepagian karena kedua tim tersebut adalah finalis yang bertarung pada babak puncak Honda DBL edisi 2019 kemarin. Laga berikutnya, mempertemukan tim putra SMAN 12 Padang versus SMA Pembangunan Padang.

Partai big match pembuka rangkaian Honda DBL 2021 Seri Sumbar ini akan ditayangkan secara livestreaming mulai pukul 16.00 WIB dan pukul 18.00 WIB untuk game kedua.

Baca Juga:  Laga Terakhir, Semen Padang FC Tekuk Persikota Sungai Penuh 4-0

Ada dua platform yang bisa digunakan untuk menikmati tayangan langsung atau livestreaming seluruh laga-laga seru pada rangkaian Honda DBL 2021 Seri Sumbar. Melalui aplikasi media komunitas milik DBL Indonesia, yakni DBL Play, yang dapat diunduh secara cuma-cuma di PlayStore dan App Store.

Suporter dan alumni masing-masing sekolah juga bisa menikmati livestreaming melalui kanal YouTube dengan akun DBL Play. Tayangan laga-laga Honda DBL 2021 Seri Sumbar juga bisa dinikmati melalui Padang TV.

Banyaknya pilihan serta kemudahan fasilitas untuk menyaksikan secara online ini merupakan komitmen dari DBL Indonesia bersama Honda Hayati dan Menara Agung (main dealer Honda), serta Padang Ekspres selaku penyelenggara Honda DBL 2021 Seri Sumbar, sebagai solusi dari larangan kehadiran penonton di venue. Tak hanya laga basket 5×5 yang akan ditayangkan. Ajang kompetisi dance pelajar terbesar, UBS Gold Dance Competition juga bisa dinikmati secara gratis.

Selain lebih aman dengan menonton dan mendukung secara online dari rumah, suporter dari masing-masing sekolah peserta Honda DBL 2021 West Sumatera Series juga berkesempatan mendapat hadiah e-money.

Caranya, dengan mem-posting di akun Instagram masing-masing, momen saat menyaksikan livestreaming. Dengan tagar #DBLNribunOnline serta jangan lupa tag akun resmi Instagram @dblindonesiaofficial dan @dblpadang.
Suporter yang menyaksikan tayangan livestreaming juga berkesempatan membawa pulang hadiah 1 unit motor Honda Genio. Caranya, mengisi data pada link tautan di kolom chatt, saat tayangan livestreaming berlangsung. Hadiah motor Honda Genio akan diundi saat final party pada 17 Desember nanti.

Sementara itu, Jumat kemarin (10/12) atau H-1 menjelang opening party, dilakukan pengambilan sampel tes swab PCR di pelataran GOR Prayoga. Seluruh pemain basket, anggota tim dance, pelatih dan ofisial tim dari empat tim yang akan bertanding hari ini, serta wasit dan perangkat pertandingan yang akan bertugas wajib melakukan testing ini. Tak terkecuali panitia dan crew, serta tim media yang akan meliput kegiatan.

Sesuai arahan pemerintah, seluruh yang terlibat juga wajib sudah menerima vaksin Covid-19 dua dosis, dan melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi saat memasuki venue. Serta, senantiasa disiplin menerapkan #JaJaCuTaPaMa atau menjaga jarak aman, rajin cuci tangan dengan sabun, dan memakai masker selama berkegiatan.

Satria Tri Diansyah, kapten tim putra MA Ar-Risalah mengatakan dengan penegakan prokes yang ketat ini, ia merasa nyaman dan aman untuk tampil pada laga pamungkas hari ini melawan SMA Don Bosco.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Alfira Puja Ananda, leader tim dance SMA Pembangunan Padang. ”Prokesnya ketat banget. Jadi, saya dan rekan-rekan merasa secure untuk tampil besok (hari ini,red),” ketusnya. (cr-1)