Honda DBL 2021: Smandubes-Don Bosco Kerja Keras Menangi Laga Pembuka

33

OPENING party Honda DBL 2021 West Sumatera Series yang digelar di GOR Prayoga hari Sabtu (11/12) lalu, benar-benar menghibur para penikmat basket di Sumatera Barat. Utamanya yang menyaksikan secara livestreaming melalui aplikasi DBL Play. Bagaimana tidak. Dua laga yang tersaji pada hari pertama Seri Sumbar tersebut, berlangsung sengit dan ketat. Bahkan, partai yang mempertemukan tim putra SMAN 12 Padang kontra SMA Pembangunan Laboratorium UNP nyaris saja memaksa berlanjut hingga babak tambahan atau overtime.

Smandubes_julukan SMAN 12 Padang_ sempat tertinggal dengan defisit yang cukup lebar. Tertinggal dari lawannya dengan selisih 16 poin pada kuarter kedua. Namun, mereka pantang menyerah dan justru berhasil melakukan epic comeback. Menutup laga ini dengan keunggulan 44-40 atas SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Momentum Smandubes berbalik unggul atas lawannya terjadi ketika kuarter keempat tersisa 45 detik. Melalui easy lay up Ramadhani Saputra, Smandubes berbalik unggul 40-39. Lalu makin melebar menjadi 42-39, juga melalu aksi Ramadhani Saputra dengan waktu tersisa 13 detik. Smandubes makin memperlebar keunggulan menjadi 44-39 berkat jump shot Muhammad Ridho saat laga tersisa 11 detik.

Dengan detik tersisa yang makin menipis, coach Fajar Alfarido dari SMA Pembangunan meminta timeout. Mencoba mengatur strategi untuk mengejar ketertinggalan timnya. Sayang, mereka hanya mampu menambah 1 poin dari free throw Naufal Ihsan. Skor akhir 44-40, masih untuk keunggulan Smandubes.
Rafid Radhi tampil sebagai yang paling produktif bagi Smandubes. Datang dari bench atau berstatus sebagai pemain cadangan.

Student-athlete dengan jersey nomor 14 yang berposisi forward ini berhasil menceploskan total 16 poin pada laga ini. Ditambah dengan empat rebound, dari 29 menit 54 detik bermain.

Baca Juga:  Dhipa Arkendi 'Bocorkan' Calon Ketua KONI Sumbar, Siapa Saja?

”Saat break halftime, kami bakar semangat anak-anak agar tidak menyerah dan fokus agar bisa mengejar ketertinggalan. Alhamdulillah, menginjak kuarter ketiga anak-anak lebih bersemangat dan menjalankan instruksi pelatih,” ungkap Nicky Adrian, asisten pelatih SMAN 12 Padang.

Pelatih SMA Pembangunan Laboratorium UNP, Fajar Alfarido mengatakan, pertandingan menghadai Smandubes ini adalah yang paling seru dan mendebarkan sepanjang karirnya sebagai pelatih. Ia mengakui, semangat luar biasa dari anak-anak Smandubes sukses membuat down mental anak didiknya.

”Kengototan lawan untuk mengejar, sejak kuarter ketiga tepatnya. Membuat konsentrasi dan mental anak didik kami down. Kami sudah berusaha menaikan mental anak-anak, namun mereka justru makin tertekan,” ujarnya.

Sementara itu, masih dari laga hari pertama atau opening party Honda DBL 2021 Seri Sumbar pada Sabtu kemarin (11/12), sang juara bertahan SMA Don Bosco juga harus bekerja ekstra keras. Demi memuluskan langkah ke babak selanjutnya.

DB (julukan SMA Don Bosco) terlibat jual beli serangan sepanjang laga, meladeni perlawanan ngotot sang runner-up musim 2019, MA Ar-Risalah Padang. Duel ’final kepagian’ ini akhirnya dimenangi oleh DB, dengan keunggulan 44-33.

Fadhil Adam dan Kaisar Anugerah tampil sebagai mesin poin tersubur bagi DB pada laga ini. Bermain dengan minutes play 32:13, Fadhil memimpin lewat kontribusi 19 poin. Disusul oleh Kaisar yang mengemas 11 poin. (cr1)