Elkan Baggot Kembali ke Inggris

Timnas Indonesia U-19 yang saat ini menjalani training camp tinggal 34 pemain. Nantinya akan diciutkan lagi menjadi 25–30 pemain. (IST)

Setelah tiga hari menjalani training camp (TC), pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mulai mengerucutkan jumlah pemain. Selasa (11/8) lalu, 11 pemain dicoret dari skuat. Nama-nama langganan timnas seperti Sutan Zico masuk di dalamnya.

Shin Tae-yong mengungkapkan, pengerucutan itu murni demi kelangsungan program timnas. Artinya, para pemain yang tercoret tidak berarti kalah kualitas. “Namun, kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan lanjut TC, terutama ke luar negeri,” ujarnya.

Karena itu, dia berharap para pemain yang tercoret tidak berkecil hati. Tetap bekerja keras dan berlatih secara sungguh-sungguh. Bisa jadi, dalam perkembangannya, ketika nanti para pemain menunjukkan progres yang lebih baik ketimbang skuat dalam TC, Shin Tae-yong akan memanggil mereka lagi.

Nah, setelah mencoret 11 pemain, 34 pemain yang bertahan akan terus digembleng. Mereka akan diciutkan lagi menjadi 25–30 pemain. Selanjutnya, mereka akan dibawa TC ke luar negeri.

Rencana awal, Shin Tae-yong berharap bisa TC di Korea Selatan. Beberapa tim kasta teratas di Korsel sudah siap latih tanding dengan timnas. Tapi, hal itu bisa saja batal karena Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tidak mau para pemain timnas dikarantina lebih dulu ketika berada di Korsel. Menghabiskan waktu dan anggaran.

Baca Juga:  Uji Coba Saja Bobol, apalagi Laga Beneran

Selain untuk persiapan Piala Dunia U-20, para pemain tersebut sedang dimatangkan menuju Piala AFC U-19. Karena itu, sebelum TC di luar negeri, pekan ini Shin Tae-yong akan meningkatkan intensitas latihan. Menurut dia, ini waktu yang tepat setelah tiga hari terakhir hanya berkutat pada pengembalian kondisi fisik. “Selain itu, kami akan mengasah mental dan memberikan nutrisi yang baik kepada para pemain,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam latihan kemarin di Stadion Madya, tidak tampak Elkan Baggott. Padahal, pemain keturunan Indonesia-Inggris tersebut tidak masuk dalam daftar 11 pemain yang dicoret. Lantas, ke mana Elkan?

Salah satu sumber internal PSSI mengatakan bahwa Elkan kembali ke Inggris. Kembali ke klubnya, Ipswich Town. Sebab, PSSI hanya meminta izin untuk meminjam Elkan selama TC sampai 8 Agustus saja.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pemain kelahiran 23 Oktober 2004 itu mungkin tidak akan ikut ketika timnas U-19 melakukan TC di luar negeri. Dia akan tetap bersama Ipswich Town. “Dia mungkin akan bergabung saat di Uzbekistan (Piala AFC U-19),” kata sumber tersebut. (rid/jpg)