Baggot Debut, Brown Buat Brace

36
Penyerang timnas Indonesia U-19 Jack Brown merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Makedonia Utara pada laga uji coba, Minggu (11/10). (net)

Pemain Ipswich Town, Elkan Baggot, akhirnya menjalani debut bersama timnas Indonesia U-19. Baggot dimainkan secara penuh oleh pelatih Shin Tae-yong saat Indonesia menang 4-1 atas Makedonia Utara pada Minggu (11/10) WIB di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia.

Baggot bermain taktis dan tampak tidak ada kendala dalam mengawal pertahanan Garuda Muda. Berkolaborasi dengan Bagas Kaffa, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan, menciptakan pertahanan kokoh saat meredam agresivitas Makedonia Utara.

“Saya sangat senang dan bangga dapat bermain dan menjalani debut bersama timnas Indonesia U-19. Terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang membuat saya dapat bertanding mengenakan jersey timnas Indonesia untuk pertama kalinya,” ungkap Elkan Baggott seperti dilansir laman resmi PSSI.

“Secara keseluruhan tim bermain bagus, saat unggul 2-1 kami terus mendominasi permainan hingga akhir pertandingan. Kami harus selalu fokus dan kerja keras membenahi kekurangan kami selama TC di Kroasia ini,” imbuh pemain yang berposisi sebagai defender tersebut.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengatakan bahwa Elkan Baggott bermain apik saat melawan Makedonia Utara. “Elkan bermain bagus sebagai bek tengah. Selain itu dalam bekerja sama dengan pemain lainnya dia sudah nyetel. Dia punya postur yang tinggi, kuat dan kemampuan membaca permainan yang baik,” ungkap Shin Tae-yong.

Namun satu nama yang mencuat dalam laga kontra Makedonia itu adaka striker Jack Brown. Dia mengemas brace alias dua gol. Brown pun bersyukur Garuda Muda kembali meraih kemenangan pada uji coba dan dirinya mampu mencetak dua gol. Meski begitu, dia menilai masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dalam timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:  Muhammad Iqbal dan Ikhsan Nul Zikrak Pemuda Kudugantiang Padangpariaman

“Meski menang dan mencetak dua gol, kami masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Untuk itu kami harus selalu fokus, kerja keras, dan semangat menjalani latihan serta laga uji coba di sini (Kroasia),” ungkap Jack Brown.

Jack Brown mencetak gol pada menit 58 dan 69. Dua gol lainnya dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-13 dan Irfan Jauhari pada menit 83. Bagi Garuda Muda, itu menjadi kemenangan ketiga berturut-turut setelah sebelumnya menang 1-0 atas Dinamo Zagreb (29/9) dan menang 3-0 atas NK Dugopolje pada Kamis (8/10). Pelatih Shin Tae-yong mengaku bangga dengan raihan anak asuhnya.

“Para pemain sukses menjalankan apa yang kami intruksikan. Pemain juga berani dan tidak kalah saat duel dengan tim lawan yang posturnya lebih besar. Selain itu, penyelesaian akhir juga sudah meningkat,” ungkap Shin Tae-yong.

Selanjutnya Garuda Muda kembali melawan Makedonia Utara pada Kamis (14/10) mendatang. Saat ini total David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani sembilan uji coba di Kroasia. Sembilan laga uji coba yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia-Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), dan Makedonia Utara (4-1). (jpg)