Jadi MPV Finals, LeBron Penuhi Janji

24
Le Bron James, LA Lakers. (jawapos.com)

Los Angeles Lakers menjadi juara NBA 2020. Pada game keenam di Adventhealth Arena Orlando, Florida kemarin (12/10) WIB, Lakers membantai Miami Heat dengan skor 106-93.
Dengan hasil ini, Lakers unggul dengan skor 4-2. LeBron James dan Anthony Davis menjadi motor utama permainan Lakers.

LeBron mencatat triple-double dengan koleksi 28 poin, 14 rebound, dan 10 assist. Davis mendulang double-double dengan 19 poin dan 15 rebound. Yang tidak kalah luar biasa adalah point guard veteran Rajon Rondo. Bangkit dari bangku cadangan, Rondo mencetak 19 poin.

Penampilan Rondo yang sensasional menghancurkan Heat terutama pada kuarter kedua. Saat itu, jelang turun minum, Lakers sudah unggul 28 poin (64-36) dan tidak terkejar sampai akhir pertarungan.

Dengan capaian tahun ini, Lakers berhasil mengoleksi 17 gelar. Jumlah itu menyamai Boston Celtics sebagai pengumpul gelar terbanyak dalam sejarah NBA. Kali terakhir Lakers jadi kampiun pada 2010.

Dari kubu Heat, power forward Bam Adebayo mendulang double-double dengan 25 poin dan 10 rebound. Namun pertahanan luar biasa Lakers membuat Heat tidak bisa berbuat banyak.

Aliran bola menjadi mampet, membuat bintang utama Jimmy Butler hanya mendonasikan 12 poin. Jumlah yang sangat minim bagi pemain yang diharapkan menjadi mesin poin utama.

Heat sejatinya sempat memainkan point guard utama Goran Dragic. Ini adalah penampilan kedua Dragic pada final NBA 2020. Dia gagal turun dalam tiga laga karena cedera. Sebelumnya Dragic bermain pada game pertama. Karena tidak fit, Dragic cuma mendulang lima poin dalam 19 menit di lapangan.

LeBron James menjadi inspirator utama keberhasilan Los Angeles Lakers menjadi juara NBA 2020. Ini adalah gelar pertama Lakers dalam satu dekade terakhir. Di final, Lakers mengalahkan Miami Heat dengan skor 4-2. Dalam game keenam yang berlangsung di Adventhealth Arena, Orlando, Florida hari ini (12/10) WIB, Lakers membantai Heat dengan skor 106-93.

Baca Juga:  Musim Oezil Sudah Berakhir

Penampilan solid LeBron membuatnya terpilih menjadi MVP Finals. Total, LeBron sukses menjadi juara NBA empat kali pada 2012, 2013, 2016, dan 2020. Dan dalam periode itu, LeBron selalu terpilih sebagai MVP Finals.

”Ini sangat berarti banyak bagi saya. Sangat berarti karena saya bisa menjadi representasi franchise ini,” kata LeBron dalam wawancara setelah penyerahan trofi MVP Finals. ”Saya mengatakan kepada Jeanie (Buss pemilik Lakers, red) ketika saya datang untuk kali pertama ke tim ini. Saya mengatakan akan membawa tim ini ke tempat mereka semula, tempat yang layak, tempat yang harusnya mereka tempati. Sebab, bermain dalam tim ini adalah hal yang sangat luar biasa bagi saya,” imbuhnya.

Berdasarkan data ESPN, LeBron menyamai rekor Michael Jordan sebagai pemain yang pernah menjadi MVP Finals setidaknya sebanyak empat kali. Jordan sendiri enam kali terpilih sebagai MVP Finals.

LeBron adalah pemain pertama yang memenangkannya bersama tiga tim berbeda. Sebelumnya LeBron jadi MVP ketika bersama Cleveland Cavaliers dan Miami Heat (dua kali).

Dia juga menjadi pemain keempat yang meraih MVP Finals dengan usia minimal 35 tahun. Tiga legenda lainnya adalah Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, dan Wilt Chamberlain. Desember mendatang, LeBron akan berumur 36 tahun.

Gelar juara tahun ini membuat Lakers mendulang 17 trofi NBA. Jumlah itu sama dengan pengumpul trofi terbanyak dalam sejarah, Boston Celtics. “Selama ini saya tidak pernah absen dalam playoff. Dan hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk rekan setimmu adalah kamu selalu ada untuk mereka,” ucap LeBron. (jpg)