Murray Walker, Komentator Legendaris Formula One Meninggal Dunia

34

Komentator legendaris sekaligus jurnalis senior Formula One (F1), Murray Walker meninggal dunia dalam usia 97 tahun, Sabtu (13/3/2021) waktu Inggris. Tokoh bernama lengkap Graeme Murray Walker ini, lahir di Hall Green, Birmingham, Inggris pada 10 Oktober 1923.

Dikutip dari situs resmi formula1.com, Murray Walker merupakan seorang veteran perang dan mantan pebalap sepeda motor yang memulai karir penyiaran tahun 1948 di Shelsley Walsh Hill Climb, yang mencakup keseluruhan olahraga motor, dari mobil touring hingga balap truk dan rallycross.

Namun, di Formula 1 Walker benar-benar menjadi terkenal. Ketika menjadi komentator penuh waktu BBC sejak tahun 1978.

Walker telah meraih simpati dari penggemar F1 dunia selama bertahun-tahun, tidak hanya karena komentarnya yang penuh gairah dan kegembiraan tentang momen paling ikonik olahraga, tapi juga untuk sikapnya yang rendah hati.

Walker telah menjadi anggota paddock yang sangat dicintai oleh para pebalap, kepala tim, dan sesama tokoh media.

“Dan untungnya adalah kata: pekerjaan saya telah membawa saya keliling dunia sekian kali ke negara-negara yang sebelumnya tidak akan pernah saya kunjungi, dan saya telah bergaul dengan beberapa orang yang luar biasa. Saya sangat, sangat beruntung.”

“Formula 1 menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Murray Walker,” tulis situs formula1.com.

Sementara itu, seperti dikutip dari BBC, Walker mengomentari balapan grand prix pertamanya untuk BBC di Silverstone pada tahun 1949 dan menjadi komentator F1 penuh waktu pada tahun 1978.

Dia menjadi identik dengan F1 melalui komentarnya, pertama dengan BBC dan kemudian ITV, sebelum pensiun pada 2001.

“Bagi sebagian besar dari kami, penggemar F1, dia adalah suara yang melambangkan olahraga yang kami cintai,” kata Stuart Pringle, direktur pelaksana Silverstone.

“Berpengetahuan melampaui kata-kata dan dengan hasrat yang kadang-kadang membuatnya lebih baik dalam komentar, dia membawa olahraga dan beberapa momen terbesarnya dalam hidup dengan cara yang memastikan mereka tetap membekas dalam ingatan kami selamanya.”

Murray Walker dikenal sebagai sosok legenda dengan antusiasme yang membaranya ditunjuk sebagai OBE tahun 1996 atas jasanya pada penyiaran dan balap motor.

Klub Pebalap Inggris mengatakan,  “Dengan sangat sedih kami berbagi berita tentang meninggalnya anggota asosiasi BRDC, Murray Walker OBE.

“Seorang teman, legenda motorsport sejati, komentator favorit bangsa, dan senyum yang menular. Kami berterima kasih kepada Murray untuk semua yang telah dia lakukan untuk komunitas kami. RIP teman kami.”

Rekan komentator Walker termasuk mendiang James Hunt, yang merupakan juara dunia F1 pada tahun 1976. Pasangan tersebut membangun kemitraan yang tak terlupakan.

Dia juga memiliki kemitraan populer dengan Martin Brundle, yang memberikan penghormatan kepada mantan rekannya di media sosial.

“Pria yang luar biasa dalam segala hal,” kata Brundle. “Harta nasional, jenius komunikasi, legenda Formula 1.”

Sebuah pernyataan F1 mengatakan, “Kami sangat sedih mendengar bahwa Murray Walker telah meninggal dunia.

“Semangat dan kecintaannya pada olahraga menginspirasi jutaan penggemar di seluruh dunia. Dia akan selamanya menjadi bagian dari sejarah kami, dan akan sangat dirindukan.”(F1/BBC)

Previous articleSaran Aqua: Belajar Komunikasi Lintas Budaya pada Prajurit dari Papua
Next articleSanite Trofeo, FC Fratelanza Juara Taklukkan FC Nagari dan FC Tanka