Come Back Marquez, Optimistis bakal Langsung Maksimal

7
Marc Marquez. (net)

Bakal kembalinya juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez pada MotoGP seri Portugal mendapat sambutan hangat. Tim Repsol Honda yakin pembalapnya bisa tampil ciamik.
Kepala Kru Repsol Honda Santi Hernandez optimistis Marquez akan langsung tampil maksimal pada come back-nya.

Menurut dia, Marquez sudah bernafsu ke lintasan, setelah sembilan bulan absen karena cedera lengan kanannya. “Saya tidak tahu apakah itu cukup untuk memenangkan gelar. Saya tidak tahu apakah saya bisa mempercayai Marc untuk melakukan itu (perebutan gelar juara) sekarang,” ucap Hernandez dikutip dari speedweek Senin (12/4).

Menurutnya, Marquez mungkin tidak akan mengejar (gelar juara). Tapi dia juga tidak akan menyerah dan akan memberikan penampilan terbaiknya di lintasan. “Saya yakin itu,” imbuhnya.

Disebutkan Hernandez, kembalinya Marquez ke lintasan balap tentu menjadi kabar baik untuk Honda. Terlebih setelah ditinggalkan Marquez, tim pabrikan Jepang itu tampil kurang memuaskan dalam beberapa balapan.

“Kita akan melihatnya di Portimao, Portugal, dan balapan berikutnya. Kami telah menunggu selama berbulan-bulan. Tapi tidak hanya HRC yang menantikan ini, saya rasa setiap orang menunggu Marc kembali ke arena balap,” tuturnya.

Menurutnya, meski Marquez tak membalap dalam waktu yang panjang, Hernandez mengaku tak akan terkejut bila Marquez dapat merebut podium di Portimao. “Seorang Marc Marquez tidak kembali tanpa persiapan, percayalah padaku. Dia seorang profesional sejati,” kata Hernandez.

Seperti diketahui, Marquez saat ini sedang dalam masa pemulihan cedera patah lengan tangan kanannya. Cedera tersebut dialami usai mengalami crash ketika menjalani balapan pembuka di Sirkuit Jerez pada 19 Juli tahun lalu.

Kini, setelah mendapatkan izin untuk kembali membalap dari dokter yang merawatnya, tim Repsol Honda pun mengumumkan akhir pekan ini Marquez akan come back. “Dalam tinjauan yang dilakukan Marc Marquez oleh tim medis Rumah Sakit Ruber Internacional, empat bulan setelah operasi ketiga, ditemukan kondisi klinis yang sangat memuaskan,” ucap Honda dalam keterangan resminya.

Kehadiran Marquez di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, itu bisa jadi bak mood booster bagi Repsol Honda. Bagaimana tidak, pabrikan asal Jepang itu gagal total dalam dua seri sebelumnya. Yakni, di GP Qatar dan GP Doha pada 28 Maret dan 4 April lalu. Dua pembalap mereka, Pol Espargaro dan pengganti Marquez, Stefan Bradl, belum sekali pun naik podium.

Nah, motivasi Repsol Honda berasal dari rekam jejak Marquez yang impresif ketika tampil di Portugal. Dari total lima race di Portugal sepanjang kariernya, pembalap asal Spanyol itu dua kali jadi yang terdepan.

Tepatnya pada edisi 2010 dan 2012. Hanya, itu juga bak perjudian bagi mereka. Sebab, semua race Marquez di Portugal tersebut terjadi ketika dia masih berkutat di kelas Moto2 dan 125cc.

Apalagi, catatan itu juga dibukukan di Sirkuit Estoril yang nonaktif di MotoGP sejak 2013. Atau tahun pertama Marquez mentas ke MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Algarve baru digunakan untuk MotoGP sejak tahun lalu.

Sebab itu, di sisi lain Repsol Honda menyadari bahwa comeback-nya Marquez adalah sebuah perjudian. Terutama dari kondisi fisiknya. Sebab, bukan tidak mungkin masih ada kemungkinan lengan kanannya bermasalah.

Faktor psikis juga berpengaruh. Pasalnya, Marquez sudah absen di dua race awal. Artinya, juara enam kali MotoGP itu sudah minus 50 poin. Atau nominal yang sama jika mampu sapu bersih. Untuk mengejar selisih poin, Marquez tentu bakal mengerahkan segenap kemampuannya. Ini tentu berpengaruh pada psikologisnya di lintasan balapan.

Perjudian selanjutnya adalah mengenai waktu yang dibutuhkan Marquez untuk adaptasi atau menemukan lagi ritmenya di race sesungguhnya. Sebab, selama cedera, dia hanya melakukan test ride seperti yang dilakukannya di Sirkuit Algarve pada 19 Maret lalu.

Sirkuit tersebut memang jadi tempat untuk comeback-nya akhir pekan ini. Namun, Marquez belum mendapat atmosfer yang sama antara test ride dan race sungguhan. (io/c17/bas/jpg)

Previous articleDamkar Basmi Sarang Tawon di Depan SPBU Ngalau
Next articleDi Atas Rata-rata Provinsi, IPM Pariaman Meningkat