Gaethje Diganjar Rp5,2 M

Justin Gaethje (kiri) menghajar Tony Ferguson dalam laga perebutan sabuk juara kelas ringan interim UFC 249 di VyStar Veterans Memorial Arena, Jacksonville, Florida, 10 Mei 2020 WIB.

 

Justin Gaethje diguyur bonus besar berkat penampilan spektakulernya di partai puncak UFC 249, Minggu pagi (10/5) lalu. Tampil tak sampai 25 menit, petarung Amerika Serikat itu mengantongi bayaran Rp 5,2 miliar. Termasuk bonus ganda senilai nyaris Rp 1,5 miliar.

Dalam rilis resminya, UFC mengumumkan Gaethje menerima dua bonus sekaligus setelah terpilih sebagai yang terbaik di dua kategori. Yang pertama adalah fight of the night. Satu lainnya performance of the night.

Untuk kategori fight of the night, duel Gaethje vs Tony Ferguson yang terpilih. Karena itu, keduanya berhak mendapatkan bonus sama besar. Di sisi lain, untuk kategori performance of the night, selain Gaethje, terpilih Francis Ngannou. Petarung asal Kamerun itu tampil sangar setelah mengempaskan Jairzinho Rozenstruik hanya dalam tempo 20 detik.

Presiden UFC Dana White menyebut salah satu alasan Gaethje terpilih untuk kategori performance of the night adalah dominasinya atas Ferguson di sepanjang laga. ”Selain itu, penghargaan ini untuk kesuksesannya menjadi orang pertama yang menaklukkan Ferguson dengan cara KO,” ucap White dilansir Yahoosports.

Untuk setiap kategori, pemenang berhak mendapatkan bonus USD 50 ribu (Rp 748 Juta). Artinya, kemenangan di dua dua kategori sekaligus itu membuat Gaethje diganjar bonus senilai USD 100 ribu (Rp 1,497 miliar). Angka itu di luar bayaran yang dia terima sesuai kontrak tanding sebesar USD 250 ribu (Rp 3,7 miliar).

Raihan bonus dalam dua kategori tersebut mengantarkan Gaethje mengukir rekor baru di UFC. Petarung 31 tahun tersebut sukses meraih sembilan kali bonus hanya dalam tujuh laga. Itu bisa terjadi karena Gaethje selalu mampu mencuri minimal satu bonus di setiap pertandingan. Sebelumnya, dia juga pernah meraih bonus ganda pada 2017 silam.

Saat itu dia menaklukkan Michael Johnson dengan TKO pada ronde kedua. Laga tersebut tercatat sebagai debut Gaethje di UFC.
Tentu saja kini harga pertarungan Gaethje akan naik berlipat-lipat. Apalagi, duel selanjutnya adalah perebutan sabuk juara kelas ringan UFC yang kini dikuasai Khabib Nurmagomedov. (irr/c25/cak/jpg)