Pomprov 2022, Universitas Bung Hatta Raih Banyak Medali

252

Kegiatan Pekan Olah Raga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Sumatera Barat yang diselenggarakan 6-10 Juni 2022 berjalan sukses. POM merupakan ajang kompetensi dan penyaluran bakat mahasiswa melalui olahraga.

Dari 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, UBH mengikuti 6 cabor yakni Voli, Takraw, Tenis Lapangan, Pencak Silat, Karate, dan Futsal.

Universitas Bung Hatta berhasil meraih banyak medali pada pertandingan olahraga yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini. Pada kegiatan ini, altet dari Universitas Bung Hatta berhasil membawa pulang 7 medali.

Cabang olahraga takraw (Bronze medali), diraih oleh Fuad Assegaf, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP, Dickie Dubagja dari Prodi Teknik Elektro FTI, dan Bobi Hardyan dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB.

Cabang olahraga tenis lapangan ganda putra (Medali Perunggu), berhasil diraih oleh Ronaldo Pahira Pratama (Prodi Teknik Sipil) dan Surya Pratama (Prodi Ilmu Hukum).

Cabang olahraga Karate kelas +68kg senior putri (Medali perak), berhasil diraih oleh Nabila Zahra (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Kemudian, ajang pencak silat kelas A putra (45-50kg), bronze medali, diraih oleh Ilham Majid (Prodi PGSD).

Tidak kalah hebatnya, pada cabang olahraga Futsal Putri (Medali Perak), Rizkiya Elsya dari Prodi Ilmu Hukum bersama rekan-rekannya, Nurizal Susinta Ningsih (Ilmu Hukum), Rizky Nurfiatin (Prodi PGSD), Rahmi Citra Yesti (Prodi PJkR), Adhe Oktasafira (Prodi Manajemen), Anggita Jonesti (Ilmu Hukum), Batrisyia NurulFakhira (Prodi PTIK), Suci Ramadani Yolanda (Prodi Ilmu Hukum), dan Friska Fahira (Ilmu Prodi Hukum) berhasil meraih juara ke-2.

“Suatu kebanggaan yang luar biasa bagi kami dan selamat kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta yang berhasil mengharumkan nama baik institusi. Secara personal, mereka juga telah memiliki prestasi di bidang non-akademik. Sekali lagi, selamat untuk para pemenang. Ke depan, para atlet ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi hingga maju di tingkat nasional,” ungkap Rektor Universitas Bung Hatta, Prof Dr Tafdil Husni.

Baca Juga:  Uji Coba Lawan Persikabo Batal Digelar, Jadwal Tidak Cocok!

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta, Dr Hidayat ST MT IPM mengungkapkan bahwa setelah mengikuti kegiatan kegiatan Pomprov ini, terlihat banyak mahasiswa yang memiliki bakat di bidang olahraga, maka ke depannya olahraga ini akan menjadi salah satu program unggulan kemahasiswaan Universitas Bung Hatta.

Ditambah lagi, tahun ini dialokasikan beasiswa KIP bagi calon mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga.

Dosen Pembina Olahraga, Ali Mardius, mengungkapkan pada ajang Pomprov yang sudah dilaksanakan, atlet-atlet mahasiswa sudah tampil secara maksimal dan penuh daya juang tinggi, walaupun memang masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi.

“Kalau bicara soal prestasi, ada empat unsur harus diperhatikan, yakni kondisi fisik, teknik, taktik/strategi dan mental. Pembinaan ini harus dilakukan secara berkelanjutan oleh Unit Kegiatan Olahraga Mahasiswa,” imbuhnya.

Untuk Training Center (TC) persiapan Pomnas yang akan membawa nama Sumatera Barat, Ali Mardius berharap semoga mahasiswa Universitas Bung Hatta dipilih dan berpartisipasi di beberapa cabang yang dipertandingkan.

Dosen Prodi Penjaskesrek Apriyanti Rahmalia, yang juga pembina UKM Olahraga Proklamator, menyampaikan bahwa Pomprov Sumatera Barat 2022 ini merupakan pertandingan multievent yang sangat dinanti oleh mahasiswa. Dukungan terhadap kegiatan ini tidak hanya muncul dari Universitas Bung Hatta saja, namun juga dari beberapa alumni yang bahkan memberikan bantuan agar kegiatan ini berlangsung dengan baik.

Adalah jumlah yang cukup fantastis di tahun ini. Ada 76 atlet dan 16 official yang terlibat. Saat melaksanakan pertandingan, semua atlet Universitas Bung Hatta telah melakukan yang terbaik. Semua bermain dengan fair play.

“Harapan kami, ajang seleksi seperti ini terus dilaksanakan agar pembinaan prestasi dan dukungan di tingkat Universitas terus berlanjut sehingga kampus akan semarak kembali dengan kegiatan keolahragaannya,” ujar Apriyanti. (*)