Pembuktian Bangsawan, Hat-trick Komplet

13
Marcus Rashford dan Erling Braut Haaland. (net)

Marcus Rashford dan Erling Braut Haaland sama-sama melanjutkan streak gol di UEFA Nations League 2020–2021 Senin (12/10). Rashford mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Inggris atas Belgia di Stadion Wembley, sedangkan Haaland memborong tiga dari empat gol kemenangan tanpa balas Norwegia atas Rumania di Ullevaal Stadion.

Rashy –sapaan akrab Rashford – kini selalu mencetak gol dalam empat laga The Three Lions. Capaian itu menyejajarkan dirinya dengan mantan bintang di klubnya, Manchester United, seperti Sir Bobby Charlton, David Beckham, dan Wayne Rooney. Semuanya tercipta setelah dianugerahi gelar kebangsawanan MBE.

Sebelum gol pecah telur di UEFA Nations League Senin lalu itu, tiga gol Rashford tercipta dalam kualifikasi Euro 2020 pada tahun lalu. Yaitu, saat melawan Bulgaria, Montenegro, dan Kosovo.

Memang banyak nada minor mengiringi gelar MBE yang didapat Rashford lantaran bukan dari sepak bola. Melainkan dari aktivitas sosialnya di luar lapangan. Tapi, bagi dia, gol itu adalah pembuktian. “Yang saya lakukan tentu melakukan sebaik mungkin yang saya bisa di lapangan,” ucap striker 22 tahun itu.

Baca Juga:  Kementerian PUPR ‘Percantik’ Venue Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021

Di sisi lain, Haaland memang tidak mendapatkan gelar kebangsawanan seperti Rashford. Tapi, hat-trick-nya hari itu melengkapi trigol selama membela timnas berjuluk Lovene atau Si Singa itu di segala kelompok usia.

Sebelumnya, bomber 20 tahun milik Borussia Dortmund tersebut melakukannya bersama timnas U-19 saat mengalahkan Skotlandia dalam kualifikasi Euro U-19 pada 2017. Kemudian, saat Piala Dunia U-20 tahun lalu, dia memborong sembilan dari kemenangan 12-0 Norwegia U-20 atas Honduras.

Kepada TV2, Haaland menganggap satu di antara ketiga golnya adalah “hadiah” dari gelandang serang Norwegia asal Real Madrid, Martin Odegaard. “Saya semestinya hanya bisa mencetak dua gol. Hat-trick ini saya persembahkan untuknya (Odegaard, red),” tuturnya. (ren/c13/dns/jpg)