TC di Spanyol Berakhir Lebih Cepat

Skuat timnas Indonesia U-19 saat TC di Spanyol. (net)

Skuat timnas Indonesia U-19 sudah kembali menginjakkan kaki di tanah air, kemarin malam. Kepulangan ini lebih cepat dari jadwal yang sudah disusun PSSI untuk program pemusatan latihan timnas U-19 di Spanyol.

Awalnya David Maulana dan kawan-kawan direncanakan menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021 mendatang.

Sebagaiman diberitakan di laman PSSI, begitu tiba di Indonesia, seluruh pemain serta ofisial timnas U-19 menjalani karantina mandiri dan swab test PCR sesuai aturan pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, saat menjalani swab test PCR di Spanyol pada Senin (12/1), semuanya hasilnya negatif. “Kami harus karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali jalani Swab Test PCR,” kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Dari skuat yang mengikuti TC tersebut, Kelana Mahessa kembali ke Jerman dan Khairul Imam Zakiri bertahan di Spanyol karena langsung bergabung ke klubnya Gymnastica Cueta yang sekarang berubah nama menjadi CD Polilla.

Kepulangan timnas tersebut karena tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan. “Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi di laman resmi PSSI.

Yunus menambahkan bahwa tujuan PSSI mengirimkan timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental skuat Garuda Nusantara. Ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain ini akan menjadi pemain timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

Baca Juga:  The Doctor Dapat Dukungan Sang Ibu

“Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat karena Spanyol pandemi Covid-19-nya masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol,” tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Yunus juga mengapresiasi semangat dan perjuangan pemain selama menjalani TC di Spanyol. Tentu ini menjadi pengalaman yang luar bisa dan meningkatnya skill, fisik dan lain-lainnya bagi pemain selama di Spanyol.

“Memasuki pekan ketiga TC Spanyol, saya mendapat update bahwa pemain terus berkembang, disiplin dan bekerja keras. Tentu ini hal yang sangat baik dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi pemain profesional nantinya dan generasi penerus timnas U-23 atau timnas senior,” tukas Yunus.

Selain Indonesia, tim Arab Saudi juga berada di hotel dan tempat latihan yang sama juga tidak dapat melakoni uji coba. Arab Saudi juga tidak dapat menjalani laga uji coba di Spanyol termasuk melawan timnas U-19. (rel/cip)

Previous articleKonfiden Menuju North West Derby
Next articleAndre Bantu Biaya Pengobatan Penderita Kanker Stadium 4 di Belimbing