Bugar Jelang Bundesliga Lawan Union, Lewandowski Puji Klose

Striker Bayern Munich Robert Lewandowski. (Foto: AFP)

Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski mengungkapkan dirinya lebih bugar ketimbang sebelumnya, jelang pertandingan Bundesliga melawan FC Union Berlin, di Stadion An der Alten Forsterei, Minggu (17/5/2020), pukul 23.00 WIB.

Dia mengaku telah menerima masukan dari Miroslav Klose, staf kepelatihan tim utama Bayern.

Lewandowski, 31, sedang menikmati kondisi terbaik dalam karirnya. Dia telah mencetak 25 gol dalam 23 pertandingan liga.

Sejak Liga Jerman berhenti pertengahan Maret lalu untuk mencegah penyebaran virus korona, pencetak gol terbanyak liga itu telah memanfaatkan waktunya meningkatkan kebugaran.

“Saya merasa lebih baik daripada sebelumnya, karena saya bisa bekerja keras meningkatkan kebugaran fisik saya selama dua bulan terakhir,” kata Lewandowski, yang menjalani operasi pangkal paha pada Desember lalu.

Seperti dilansir AFP, Bundesliga akan menjadi liga top Eropa pertama yang dimulai akhir pekan ini. Selama pandemi Covid-19 ini, pertandingan berlangsung tertutup tanpa penonton di stadion dan mematuhi protokol kesehatan.

Bayern menuju Berlin dengan keunggulan empat poin di puncak klasemen Liga Jerman. Sementara Union telah mengalahkan pemimpin liga musim ini sebelumnya Dortmund dan Moenchengladbach.

Kapten Timnas Polandia Lewandowski sekarang belajar dari mantan striker Jerman Klose, yang mencetak 53 gol dalam 150 pertandingan untuk Bayern selama karirnya.

Klose pekan lalu menandatangani kontrak selama setahun untuk bergabung menjadi asisten pelatih Hansi Flick.

“Dia adalah pemain hebat dan saya tahu dia bisa membantu kami dengan pengalaman dan keterampilannya,” puji Lewandowski.

“Kamu bisa belajar sesuatu yang baru dari pelatih mana saja untuk menjadi pemain yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala Bayern Hansi Flick mengharapkan pertandingan melawan Union di Berlin berlangsung sengit.

“Mereka (Union) adalah tim dengan mental yang hebat. Kami akan menghadapi tim agresif,” kata Flick. “Kita harus menunjukkan mentalitas kita dan menghadapi tantangan,” tambahnya.

Dia tidak yakin skuad memiliki kebugaran pertandingan selama 90 menit. “Kita tidak tahu apakah seluruh pemain akan mampu bertahan lebih dari 90 menit,” tukasnya.

Sesuai protokol kesehatan Liga Jerman, pemain di bangku cadangan mengenakan masker, sementara pemain di lapangan telah diperintahkan menghindari jabat tangan atau pelukan saat selebrasi.

Flick mengatakan para pemainnya sudah diberi pengarahan tentang apa yang harus dilakukan.

“Tidak banyak yang akan berubah, kecuali mengenakan masker di ruang ganti,” katanya. “Lebih dari 200 negara akan menonton, kami memiliki audiens yang sangat besar sehingga kami ingin memberikan hasil terbaik,” ungkap Flick.

Sementara itu, Pelatih Union Urs Fischer tidak bisa mendampingi tim tuan rumah menghadapi pertandingan Liga Jerman, Minggu (17/5/2020), karena melanggar karantina tim.

Pelatih asal Swiss itu pada Senin lalu diketahui meninggalkan hotel tempat timnya menginap untuk bergabung dengan keluarganya, setelah ayah mertuanya meninggal dunia.

Fischer kembali ke Berlin pada Sabtu, tetapi tidak akan bergabung dengan tim karena telah melanggar protokol dari operator Liga Jerman.

“Seluruh simpati kami tertuju kepada keluarga Fischer pada masa sulit ini,” kata presiden Union Dirk Zingler seperti dikutip AFP.

Untuk pertandingan melawan Bayern, asisten Fischer, Markus Hoffmann akan bertanggung jawab mengawal tim.(AFP/esg)