Sepuluh Pemain Lakers bakal Free Agent, AD Bisa Pilih Opsi Pergi

28
Anthony Davis pemain LA Lakers. (net)

Setelah berpesta juara, Los Angeles Lakers kini sudah harus memikirkan struktur tim yang akan mereka pertahankan untuk musim depan. Jika tidak cepat-cepat melakukannya, skuat juara yang mereka miliki saat ini terancam bubar.

Sebab, sepuluh pemain yang menghuni skuat Lakers musim ini bisa hengkang ke tim lain, saat bursa free agent dibuka dalam waktu dekat. Bursa free agent sejatinya sudah dibuka pada 18 Oktober. Namun, karena jadwal kompetisi yang mundur akibat Covid-19, NBA memilih mengundurkan jadwal tersebut. Sampai saat ini, jadwal baru belum ditentukan.

Yang bikin deg-degan, jajaran eksekutif Lakers, Anthony Davis yang merupakan salah satu pemain paling penting musim ini, masuk sebagai salah satu pemain yang bisa berstatus free agent. Davis tercatat bakal memiliki player option di bursa free agent nanti.

Status player option yang dimiliki Davis membuatnya berhak menentukan masa depannya usai musim ini rampung. Januari lalu, Davis memang menolak kontrak jangka panjang selama empat tahun senilai USD 146 juta (Rp 2,1 triliun) yang disodorkan Lakers.

Biasanya, siasat itu dilakukan pemain NBA agar bisa mendapat tawaran kontrak lebih mahal pada bursa free agent berikutnya. Kini Davis punya beberapa pilihan. Langsung melanjutkan kontrak dengan Lakers satu tahun lagi senilai USD 28,7 juta (Rp 488 miliar), memperbarui kontrak bersama Lakers dengan skema jangka panjang, atau hengkang ke tim lain.

Baca Juga:  Segera Tentukan Road Map Baru

Namun, Davis sampai saat ini belum mau memikirkan hal itu. Center 27 tahun itu masih ingin merayakan gelar juara yang baru dia rengkuh bersama Lakers. Itu juga kali pertamanya berhasil membawa tim yang dia bela menjadi kampiun NBA.

”Mungkin dalam satu atau dua bulan ke depan aku akan mengambil keputusan,” ucap Davis dilansir Sports Illustrated saat ditanya terkait dengan rencana masa depannya. ”Aku sangat menikmati berada di Lakers. Tapi, saat ini aku belum 100 persen yakin keputusan apa yang mau aku ambil,” tambah mantan pemain New Orleans Pelicans tersebut.

Meski demikian, banyak pengamat yang memprediksi Davis bertahan di Lakers. Penyebabnya adalah dalam satu musim ini, hubungannya begitu klop dengan LeBron James. Baik di dalam maupun di luar lapangan.

Di sisi lain, dalam daftar sembilan pemain Lakers yang bisa berstatus free agent, ada nama-nama penting lain seperti Rajon Rondo, Dwight Howard, maupun Markieff Morris. Segala kemungkinan masih bisa terjadi sampai NBA musim depan bergulir pada Januari mendatang. (irr/c12/bas/jpg)