Ganti dengan Jersey dan Diskon

Jika klub-klub Premier League berencana mengembalikan uang para pemegang tiket terusan jika sisa laga kandang musim ini dimainkan tanpa penonton, tidak demikian Schalke 04. Klub Bundesliga itu memiliki cara lain dalam mengganti uang fans setia mereka.

Yakni, dengan memberikan hadiah berupa jersey kandang Schalke 04 kepada 44 ribu pemegang tiket terusan. Jersey tersebut spesial karena telah dibubuhkan tanda tangan semua pemain Die Koenigsblauen, julukan Schalke 04.

Bagi yang tidak mau jersey, Schalke memberikan pilihan lain. Yakni, diskon saat berbelanja di toko merchandise resmi klub maupun potongan harga untuk tiket terusan musim depan.

”Apa yang mereka (pemegang tiket terusan, red) lakukan sangatlah membantu klub ini dalam menstabilkan keuangan klub. Mereka sadar bahwa pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam nyawa manusia, melainkan juga eksistensi klub ini,” kata Presiden Schalke 04 Clemens Toennies di laman resmi klub seperti dikutip Kicker.

Pandemi Covid-19 membuat kondisi finansial Schalke 04 tak ubahnya sudah jatuh tertimpa tangga. Sebelum datangnya virus SARS-CoV-2, jawara 7 kali Bundesliga itu sudah mempunyai utang yang menumpuk (hampir EUR 200 juta atau Rp 3, 42 triliun) dan terus konsisten merugi dari musim ke musim. (*)