Kembalikan Uang Tiket, Sisa Laga Kandang jika tanpa Penonton

Manchester United akan mengembalikan uang tiket bagi pemegang tiket terusan jika Premier League diteruskan tanpa penonton. (AFP)

Melanjutkan kompetisi tanpa penonton atau dengan stadion tertutup sepertinya bukan hanya wacana. Selain masuk dalam opsi semua liga di Eropa, bahkan dunia, sejumlah klub telah mempersiapkan rencana pengembalian uang bagi pemilik tiket terusan. Contohnya di Premier League.

Dilansir The Guardian, nominal tiket terusan laga kandang tersisa dari 20 klub Premier League musim ini ditaksir mencapai GBP 177 juta atau setara dengan Rp 3,5 triliun.

Manchester United yang memiliki stadion dengan kapasitas terbesar di Premier League, yakni Old Trafford yang bisa menampung 74.879 penonton, sudah menyiapkan skema pengembalian uang tiket bagi pemegang tiket terusannya. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pengelolaan Richard Arnold.

”Para fans memberikan dukungan loyal dari tahun ke tahun kepada kami. Inilah saatnya bagi kami membalas kesetiaan mereka dengan komitmen yang sama besarnya,” kata Arnold kepada Manchester Evening News.

The Red Devils –julukan Manchester United– masih menyisakan sembilan matchweek Premier League dengan empat di antaranya dimainkan di Old Trafford. Pemegang tiket terusan berjumlah 52 ribu orang dan mereka memberikan kontribusi finansial sebesar GBP 37,4 juta (Rp 737,7 miliar).

Namun, itu belum yang tertinggi. Arsenal dengan pemegang tiket terusan lebih sedikit, yakni 46 ribu orang, berkontribusi lebih banyak alias GBP 61,2 juta (Rp 1,2 triliun). Disusul tetangga mereka, Tottenham Hotspur, dengan GBP 58,6 juta (Rp 1,15 triliun).

Meski, jumlah pemegang tiket terusan Spurs lebih sedikit lagi, yakni 42 juta orang. ”Seiring memiliki stadion baru (Tottenham Hotspur Stadium baru dibuka setahun lalu atau 3 April 2019, red), tiket mereka lumayan mahal,” tulis The Sun.

Hanya, tidak semua klub besar Premier League menempuh kebijakan mengembalikan uang tiket terusan. Chelsea, misalnya. The Blues sudah memastikan tidak akan mngembalikan uang bagi pemegang tiket terusan di Liga Champions. Bisa jadi karena The Blues berada dalam situasi sulit untuk bertahan gara-gara sudah kalah 0-3 di kandang oleh Bayern Muenchen dalam first leg babak 16 besar.

Sementara itu, Liverpool memberikan syarat bahwa pemilik tiket harus melakukan prosedur pembatalan 14 hari sebelum laga dan mengisi surat klausul pengembalian tiket. ”Nominal yang akan kami ganti dari pemegang tiket terusan diperkirakan GBP 3,7 juta (Rp 72,9 miliar),” tulis The Reds –julukan Liverpool– di laman resmi klub. (*)