Napoli vs Juventus, Butuh Performa Luar Biasa

10
Coppa Italia. (Foto: IST)

Delapan tahun lalu, Napoli membungkam Juventus 2-0 di partai final Coppa Italia di Stadion Olimpico, Roma.

Dua gol tersebut diciptakan Edinson Cavani dan Marek Hamsik. Meski dua pemain tersebut tak ada lagi di tim asal Naples tersebut, momen manis itu ingin diulang Partenopei –julukan Napoli- dini hari nanti (siaran langsung TVRI Nasional/TVRI Sport HD/Usee Sports 2, pukul 02.00 WIB).

Bila menilik enam laga terakhir dari kedua tim, performa Napoli cenderung lebih baik. Skuat asuhan Gennaro Gattuso tidak terkalahkan. Mereka mampu meraih 4 kemenangan dan 2 hasil seri. Sebaliknya, Juventus hanya mencatat 3 kemenangan, 2 hasil seri, dan 1 kekalahan pada enam laga termutakhir.

Selain itu, Napoli menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di ajang Coppa Italia 2020, yakni 1 gol. Kendati demikian, Gattuso tidak mau terlena dengan performa impresif timnya. Dia menyebut Juventus adalah tim yang luar biasa. Oleh sebab itu, skuat Napoli harus bermain maksimal.

“Kami menghadapi tim Juventus yang terbiasa menang, punya mental juara yang hebat, sehingga kami perlu bertarung habis-habisan. Kami tahu bahwa butuh performa luar biasa untuk membawa pulang trofi,” ungkap eks pelatih AC Milan tersebut dilansir Tirto.

Ya. Napoli memang mesti waspada. Sebab mereka juga tidak akan diperkuat kiper David Ospina yang menjadi bintang lapangan, kala menyingkirkan Inter Milan di partai semifinal beberapa hari lalu. Kiper asal Kolombia itu absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Kemungkinan besar tempatnya akan diisi Alex Meret. Namun kabar baiknya, Kostas Manolas kemungkinan dapat dimainkan usai absen di leg kedua semifinal kontra Inter Milan karena cedera.

Sementara di kubu Juventus sepertinya masih belum dapat menurunkan tiga pilar utama, Gonzalo Higuain, Aaron Ramsey, dan Girgio Chiellini. Sedangkan Cristiano Ronaldo dalam kondisi bugar dan siap menjadi ujung tombak tim.

“Kami telah bekerja keras untuk bisa mencapai posisi ini. Untuk bermain seperti ini. Waktunya memberikan segalanya yang kami miliki,” ucap allenatore Juventus, Maurizio Sarri di laman resmi Juventus.

Dia menilai, tim asuhannya telah berada di jalur yang benar sepanjang musim ini, untuk tetap berada dalam perburuan gelar. “Sekarang, kami harus memberikan lebih banyak tenaga untuk memenangkan trofi sebanyak mungkin dan mengubah perjalanan panjang yang telah kita ambil secara konkret,” sambungnya.

Namun Sarri mengakui, Napoli bukan lawan yang gampang untuk ditaklukkan. Apalagi bila Dries Merten dan kawan-kawan bermain tertutup. “Ketika bermain tertutup mereka solid. Mereka tahu bagaimana menggiring bola dengan baik,” ucapnya.

Dan mantan pelatih Chelsea itu pun menyadari kalau Napoli tahu bagaimana menjadi sangat berbahaya lewat serangan balik.

“Beberapa kali belakangan ini, mereka mampu mengekspresikan diri mereka pada level tinggi. Dibandingkan dengan pertandingan terakhir kami melawan mereka, kami harus menghindari serangkaian kesalahan kecil. Dalam pertandingan itu faktor tersebut membuat kami kehilangan kekompakan,” tukasnya. (apg/cip)