Timnas Fokus Taklukkan Thailand

ilustrasi. (net)

Timnas basket akan mengumumkan 12 pemain yang dibawa ke Manama, Bahrain. Mereka akan menjalani Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Saat ini timnas berkekuatan 15 pemain. Posisi point guard diisi Andakara Prastawa Dhyaksa, Hardianus Lakudu, Yudha Saputera, dan Widyanta Putra Teja.

Untuk small man, ada Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, Agassi Yeshe Goantara, dan Govinda Julian Saputra. Sementara itu, untuk big man, ada Lester Prosper, Brandon Jawato, Vincent Rivaldi Kosasih, Juan Laurent Kokodiputra, Kevin Yonas Sitorus, Laurentius Steven Oei, dan Derrick Michael.

Manajer Timnas Basket Maulana Fareza Tamrella menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, skuat asuhan Rajko Toroman berfokus memperbaiki sistem pertahanan dan menyerang.

Saat membangun sistem, dua pemain naturalisasi Lester Prosper dan Brandon Jawato sudah masuk skuad. ”Jadi, pemain yang bisa menjalankan itu (bertahan dan menyerang, Red) kemungkinan dipilih untuk mewakili kita di window kedua,” paparnya.

Skuat Merah Putih bakal menjalani partai hidup mati untuk bisa melaju ke babak selanjutnya. Timnas akan melawan Thailand pada 28 November dan Korea Selatan dua hari setelahnya.

Baca Juga:  Legenda Sepakbola Maradona Meninggal Dunia, Ini Ungkapan Duka Pele

Sebagaimana diketahui, hanya dua tim terbaik dari setiap grup dari A–F yang otomatis lolos ke babak utama. Sementara itu, enam tim yang finis sebagai peringkat ketiga pada setiap grup bakal diadu kembali dalam babak kualifikasi selanjutnya.

Pada fase tersebut, enam tim bakal dibagi rata dalam dua grup dan bersaing dalam sistem setengah kompetisi. Dua tim terbaik dari setiap grup bakal lolos ke putaran final dan melengkapi komposisi 16 peserta FIBA Asia Cup 2021.

Karena itulah, melawan Thailand menjadi penentu bagi timnas untuk setidaknya mendapat jatah peringkat ketiga. Saat ini Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A dengan 2 poin, unggul atas Thailand yang mengantongi 1 poin. Namun, timnas hanya unggul satu pertandingan.

Pada window 1, Indonesia kalah dengan skor 76-109 dari Korea Selatan dan kalah 70-100 ketika menghadapi Filipina. Sementara itu, Thailand baru memainkan satu laga dan berakhir dengan kekalahan 86-93 dari Korsel. (raf/c12/bas/jpg)