Hazard Pulih Lebih Cepat, Suarez Sudah Siap Latihan

Eden Hazard. (AFP)

Eden Hazard dan Luis Suarez termasuk beruntung ketika musim belum bisa dilanjutkan. Sebab, keduanya masih bisa menikmati sisa perjalanan kompetisi musim ini. Padahal, saat mengalami cedera, mereka diprediksi menyudahi musim 2019–2020 lebih cepat. Namun, keduanya pulih lebih cepat dari estimasi.

Hazard, contohnya. Bomber yang baru membela Real Madrid musim ini tersebut seharusnya pulih dari cedera patah tulang fibula kaki kanannya akhir bulan depan. Namun, Senin WIB (20/4) tacticus timnas Belgia Roberto Martinez menyatakan bahwa Hazard akan sembuh lebih cepat.

”Tak lama lagi dia (Hazard) sudah bisa berjalan lagi. Sejauh ini belum ada kabar terkait dengan komplikasi cederanya,” ungkap Martinez dalam sesi tanya jawabnya dengan surat kabar Belgia, HLN.

Pascacedera, kapten timnas Belgia tersebut menjalani operasi di Dallas, AS, pada 5 Maret lalu. Operasi itulah, menurut laman Managing Madrid, yang menjadi kunci lebih cepatnya pemulihan kondisi mantan pemain Chelsea tersebut. ”Aku harap kondisinya bakal semakin membaik. Ya, setidaknya dalam empat atau lima pekan mendatang, dia sudah kembali fit,” kata pelatih yang memberi kepercayaan Hazard sebagai kapten tersebut.

Selama lockdown ini, Eddie –sapaan Hazard– hanya berfokus menjaga kebugaran. Termasuk menjaga berat badan. Selain itu, latihan online yang dijalaninya sebatas berlatih dengan fisioterapis Real, Pedro Belon. Meski begitu, Martinez menyebut Hazard tidak akan terganggu lagi dengan cederanya. ”Bahkan, jika musim ini kembali digelar, dia bakal kembali dengan lebih kuat,” tegasnya.

Suarez lebih dulu cedera ketimbang Hazard. Suarez mengalami cedera sejak 10 Januari, terpaut 40 hari lebih awal daripada Hazard. Semestinya bomber Barcelona itu baru bisa dinyatakan sembuh dari cedera otot meniskus kanannya pada 10 Mei nanti. Namun, sebagaimana dilansir Sport, dia sudah mulai sembuh. ”Bahkan, dia (Suarez) sudah bisa bergabung berlatih begitu Barca kembali menggelar sesi latihan bersama-sama,” tulis laman BeSoccer.

Media-media Spanyol menyebut, klub-klub di La Liga mungkin mulai kembali berlatih bulan depan. Sama dengan Hazard, pemain yang berjuluk El Pistolero itu menjalani operasi pada Januari lalu. Pulihnya Suarez bisa jadi sinyal Barca tidak perlu ngotot lagi untuk mengucurkan uang dalam jumlah besar.

Mereka berencana mendatangkan attaccante Inter Milan Lautaro Martinez. Dalam wawancara dengan stasiun radio Onda Cero, entrenador Barca Quique Setien sudah menyiratkan klub harus angkat tangan dalam misinya memboyong El Toro, julukan Lautaro.

”Kami berbicara tentang transfer. Tapi, situasi ketika pandemi Covid-19 seperti ini bakal berpengaruh ke banyak hal. Klub akan terseret dalam situasi finansial yang kompleks,” jelas Setien. ”Aku tak pesimistis. Tak juga optimistis dengan Lautaro. Aku menyukainya seperti aku menyukai pemain hebat. Hanya, aku tak mau berangan-angan terlalu jauh,” lanjutnya.

Attacking midfielder AS Roma, Nicolo Zaniolo, pun ingin seperti Hazard dan Suarez. Dia nyaris tidak bisa mencicipi akhir musim ini lagi setelah mengalami cedera robek di ACL lutut kanan. Sesuai dengan perkiraan, pemain 20 tahun tersebut semestinya baru sembuh pada akhir Agustus nanti.

Dilansir laman AS Roma Calcio, Profesor Pier Paolo Mariani yang notabene ahli bedah di Villa Stuart, Roma, konfiden dengan pemulihan Zaniolo. ”Aku sudah mendengar laporan terkait dengan pemulihan cederanya. Dokter tim Roma telah menceritakan sesuatu yang hebat di balik upayamu itu. Aku ingin kembali melihatmu berlatih secepatnya,” tutur dokter yang sudah memulihkan cedera lutut beberapa pesepak bola top seperti Francesco Totti tersebut. (*)