(0) Chelsea vs Liverpool (2): Mahal yang Belum Meyakinkan

23
ilustrasi. (jawapos.com)

Pada bursa transfer musim panas saat ini Chelsea telah menggelontorkan £ 200 juta untuk belanja pemain. Harapannya, Frank Lampard mampu membawa klub berjuluk The Blues itu menutup kesenjangan kualitas dengan klub-klub pemburu puncak klasemen Premier League.

Namun hal tersebut patut dipertanyakan. Ini setelah pada matchweek kedua dini hari kemarin, Chelsea menelan kekalahan dari juara bertahan Liverpool di kandang sendiri, Stadion Stamford Birdge. Meski hampir sepanjang pertandingan berada dalam tekanan, sejatinya The Blues mampu tampil solid di babak pertama yang berakhir 0-0.

Awal petaka bagi klub London Barat itu sebenarnya terjadi pada masa injury time babak pertama. Yakni ketika bek Andreas Christensen dikartu merah karena menghentikan lari penyerang Liverpool Sadio Mane dari belakang. Pada momen tersebut Mane memiliki kesempatan besar untuk mencetak gol.

Melawan tim yang bermain dengan 10 pemain, Liverpool semakin mendominasi di babak kedua. Hanya lima menit berjalan, Livepool membuka keunggulan lewat Sadio Mane. Berselang empat menit kemudian, petaka kedua kembali terjadi untuk Chelsea. Passing lemah kiper Kepa Arrizabalaga ke gelandang Jorginho di dalam kotak penalti, disambar Mane dengan cepat yang kemudian menceploskan bola ke gawang. Tim tamu pun unggul 0-2 hingga laga berakhir.

Goal pun menyebut Chelsea sebagai tim yang memiliki wajah baru dengan masalah sama. Masalah pertahanan terus menghantui The Blues. Sementara, “serangan mahal” mereka belum berhasil dengan baik di minggu-minggu awal musim. Ya, untuk lini depan saat ini mereka memiliki wajah baru pada sosok duo Jerman, Timo Werner dan Kai Havertz yang dikontrak dengan harga gabungan 117,5 juta pound.

“Kami tahu pada tahun lalu kami kebobolan terlalu banyak gol,” kata Lampard. Masalahnya, terang mantan gelandang Chelsea itu, kurangnya waktu untuk berlatih di lapangan. “Kami mencoba bekerja untuk kebugaran. Kami memiliki pertandingan yang semakin padat dan cepat dan tentu saja perlu ada kesabaran dari diri saya sendiri dan dari semua orang. Saya tahu kami akan menjadi lebih baik dengan lebih banyak waktu kami dapat membangun hubungan di lapangan pelatihan,” sambungnya.

Frank Lampard sendiri telah memutuskan tak akan memainkan Kepa pada laga selanjutnya. Yakni saat menjamu Barnsley pada Piala Liga Kamis dini hari (24/9). Tapi dia menegaskan, itu bukan karena blunder yang dibuat kiper asal Spanyol tersebut. Posisinya akan digantikan Willy Caballero.

Baca Juga:  Pembuktian Bangsawan, Hat-trick Komplet

“Itu selalu menjadi keputusan saya untuk memainkannya dalam pertandingan pada hari Rabu (waktu setempat atau Kami dini hari WIB, melawan Barnsley di Piala Liga, red) terlepas apa yang terjadi dari hari ini (kemarin, red). Jadi saya tidak ingin orang lain membuat penilaian buruk tentang keputusan itu,” ungkapnya dalam laman resmi klub.

Di sisi lain, bagi Liverpool hal positif yang mereka dapatkan tidak hanya membawa pulang tiga poin saja. Tapi juga mendapatkan pemain anyar mereka, Thiago Alcantara, menunjukkan performa menjanjikan walau hanya bermain pada 45 menit kedua.

Memang, eks Bayern Muenchen itu sempat membuat pelanggaran yang berbuah penalti untuk Chelsea pada menit ke-75. Beruntung, Liverpool tak kebobolan karena Allison Becker mampu menepis eksekusi yang dilakukan Jorginho.

Selebihnya, sebagaimana dilansir Sky Sports, dalam 89 sentuhannya, pemain berkebangsaan Spanyol itu melakukan 83 operan. Sebanyak 75 di antaranya didapat rekan setimnya. Hanya tiga pemain Liverpool yang melakukan lebih banyak dari itu pada pertandingan tersebut. Operan itu lebih banyak daripada operan pemain Chelsea mana pun.

“Top,” kata pelatih Liverpool Juergen Klopp dalam menggambarkan penampilanpemain 29 tahun itu. Tapi, sambungnya, Thiago belum sempurna dalam bertahan. Thiago, yang terbiasa bermain di lapangan bersama Bayern, sekarang harus terbiasa juga berada di lini pertahanan. “Secara defensif, itu sulit baginya karena kami mengaturnya secara berbeda,” tambah Klopp.

Rekan setimnya juga ikut menikamati permainannya kemarin. “Dia salah satu pemain terbaik di dunia,” kata Mane. “Saya pikir semua orang tahu apa yang dia mampu lakukan. Kami beruntung memiliki Thiago di tim kami dan hari ini dia menunjukkan bahwa dia pemain hebat.”

Mantan pemain Liverpool Jamie Redknapp mengatakan itu pertandingan yang hampir sempurna untuk Thiago. Dia sulit untuk dijaga. Lalu mengoper bola dengan cepat dan semua yang dilakukan sangat tajam.

“Dia tidak mendapatkan golnya tetapi dia akan menawarkan begitu banyak kepada Liverpool. Dia sangat nyaman dan dia akan memberi Liverpool sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang lain. Akan ada pertandingan yang lebih sulit tapi saya sangat terkesan dengan semua yang dia lakukan,” tukasnya, dikutip Sky Sports. (cip)