16 Kementerian Terlibat Siapkan PD U-20

14
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengoper bola ketika meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, (10/2/2020). (jawapos.com)

Presiden Joko Widodo memerintah 16 menteri terlibat dalam persiapan pelaksanaan Piala Dunia (PD) U-20 tahun depan yang dituanrumahi Indonesia. Presiden juga menugasi jaksa agung, panglima TNI, Kapolri, BPKP, dan sejumlah kepala daerah yang wilayahnya ketempatan sebagai venue (selengkapnya lihat grafis).

Perintah itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021. Inpres tersebut diteken presiden pada 15 September lalu. Pada prinsipnya, kementerian-kementerian itu diminta mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada Mei tahun depan.

“Mengambil langkah-langkah sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi,” terang Presiden Joko Widodo dalam inpres tersebut.
Setiap kementerian/lembaga maupun kepala daerah mendapatkan tugas spesifik. Menkeu, misalnya, harus memastikan ketersediaan anggaran dalam persiapan Piala Dunia U-20. Termasuk mengelola PNBP dan kepabeanan.

Sementara itu, Menkum HAM diminta memperlancar proses imigrasi bagi para peserta dan ofisial yang terkait dengan Piala Dunia U-20. Kementerian PUPR diminta merenovasi stadion seperti Manahan di Solo yang sudah selesai dikerjakan, Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, serta sejumlah lapangan latihan. Ada 15 stadion dan lapangan calon lokasi latihan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR. Begitu pula Menhub. ”Memfasilitasi prasarana serta sarana transportasi darat dan udara yang diperlukan,” ujar presiden.

Baca Juga:  Sensasi Rins, Konsistensi Alex Marquez Kejutan di GP Aragon

Menlu, Menparekraf, dan menteri BUMN diminta melakukan promosi besar-besaran untuk Piala Dunia U-20. Juga, memastikan adanya sponsorship dari perusahaan-perusahaan pelat merah untuk penyelenggaraan ajang tersebut.

Para gubernur, bupati, dan wali kota diminta melakukan persiapan teknis di daerah masing-masing. Baik berupa infrastruktur, perizinan, maupun persiapan lain. Sebanyak 6 gubernur, 5 wali kota, dan 4 bupati ambil bagian dalam persiapan tersebut.

Piala Dunia U-20 bakal berlangsung di enam stadion. Yakni, Gelora Bung Karno, Jakarta; Gelora Sriwijaya, Palembang; Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung; Stadion Manahan, Solo; Gelora Bung Tomo, Surabaya; dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Selain inpres, presiden menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2020 tentang Panitia Piala Dunia U-20 atau INAFOC. Menpora Zainudin Amali menjadi ketua pelaksana. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjabat ketua pelaksana bidang sarana-prasarana dan Ketum PSSI M. Iriawan menjadi ketua pelaksana bidang prestasi timnas Indonesia. (byu/c14/ttg/jpg)