Scott McTominay, Pengakuan Hebat dari Si Cepat

Gelandang Manchester United Scott McTominay (kiri).

”Siapa yang paling cepat ketika sprint? Dan (Daniel, red) James tentu saja. Dia pemain yang eksplosif dan sangat cepat”. Hal itu diungkapkan gelandang Manchester United Andreas Pereira di situs resmi klub soal siapa sosok ”Flash” dalam timnya.

”Ketika kamu sedang berpikir untuk berlari mengejar bola, dia sudah ada di depanmu mendapatkan bola itu,” tambah pemain yang pernah dipinjam ke Valencia tersebut.

Namun, pemain yang dianggap seperti sosok Flash oleh Pereira itu malah memberikan pengakuan lain soal yang paling cepat dalam skuat The Red Devils. Sebagaimana diberitakan Daily Star Senin lalu (20/4), James mengakui kalau gelandang Scott McTominay adalah yang tercepat.

Pengakuan James mengacu tantangan aktivitas berlari 5 kilometer bertajuk #RunforHeroes. Jadi, mereka yang ikut lari bisa mendonasikan GBP 5 (Rp 95 ribu) untuk tenaga medis Inggris (NHS) dalam melawan Covid-19.

Pekan lalu, gelandang Chelsea Ross Barkley sudah mengunggah hasil lari 5 kilometernya. Yakni, 16 menit 11 detik. Barkley menjadi yang tercepat di skuat The Blues. Bagaimana dengan McTominay? Gelandang dengan 12 caps bersama timnas Skotlanda itu mencatatkan waktu 17 menit.

”Rekan-rekan keluar dari rumah, lalu berlari 5 kilometer di area rumahnya masing-masing. Setelah mereka mengunggah hasil lari yang didapatnya, Scott (McTominay, red) adalah pemenang untuk tantangan ini,” tutur James.

Sejatinya, United memiliki banyak pelari cepat. Opta pernah mencatat bahwa gelandang Fred adalah pemegang rekor untuk kemampuan sprint di Premier League musim ini. Yakni, saat mencatat 37,29 km/jam ketika melawan Everton (15/12/2019).

Meski demikian, pelari dengan kecepatan terstabil dalam melakukan sprint adalah Marcus Rashford. Di Premier League musim ini, Rashy –sapaan Rashford– delapan laga menjadi yang tercepat. Disusul James di posisi kedua dengan enam kali tercepat.

Rashford mencatatkan rekor sprint ketika melawan Crystal Palace (24/8/2019) dengan kecepatan maksimal 36,32 km/jam. Lalu, James mencapai kecepatan maksimal saat menghadapi Sheffield United (24/11/2019) dengan 35,7 km/jam. (*)