Jepang Bikin Kejutan Menakjubkan! Libas Juara Dunia Empat Kali Jerman 2-1

46
Takuma Asano (kanan) mencetak gol kedua Jepang dalam pertandingan grup E Piala Dunia melawan Jerman, di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Jepang bikin kejutan menakjubkan di pertandingan pembuka Grup E Piala Dunia saat mengalahkan Jerman 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Gol Takuma Asano pada 15 menit terakhir babak kedua memastikan kemenangan Jepang, setelah gol pertama tercipta lewat pemain pengganti Ritsu Doan pada menit ke 75.

Jerman sebagai juara dunia empat kali mendominasi permainan di awal, dan memimpin pertama lewat gol penalti Ilkay Guendogan menit ke 33. Penalti diberikan karena kiper Jepang Shuichi Gonda melakukan pelanggaran terhadap bek sayap Jerman David Raum.

Setelah itu, gol kedua tidak pernah tercipta, dan serangan Jepang ke wilayah Jerman semakin sering terjadi. Puncaknya, Doan berhasil mencetaj gol penyeimbang dan penyelesaian brilian dari Asano delapan menit kemudian.

Kekalahan tersebut merupakan yang ketiga berturut-turut dalam laga pembuka kejuaraan besar bagi Jerman setelah kalah dari Meksiko di Piala Dunia 2018, saat mereka tersingkir di babak pertama sebagai juara, dan dari Perancis di Euro 2020.

Saat bertanding di depan sekitar 42.000 penonton, Jepang mempertahankan performa mereka dan terus membuat frustrasi lawan mereka yang berperingkat lebih tinggi. Jerman berada di peringkat kesebelas dunia, sedangkan pasukan Hajime Moriyasu berada 13 peringkat di bawahnya.

Baca Juga:  Inggris tak Remehkan Senegal, Southgate: Tujuan Kami Menang, Siap Adu Penalti

“Saya ingin mencapai tujuan kami di sini di Doha, kali ini sebagai pelatih, dan mengubahnya menjadi ‘Kegembiraan Doha’,” kata Pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu pada April, seperti dilansir CNA.

Pelatih Jerman Hansi Flick mengatakan timnya berada di bawah tekanan dengan kekalahan dari Jepang hari ini. “Dengan kekalahan dan nol poin ini, kami berada di bawah tekanan, tidak diragukan lagi. Kami hanya bisa menyalahkan diri sendiri. Ini kekecewaan besar,” kata Flick seperti dikutip Sky Sports News.

Menurutnya, para pemain Jerman telah berada di jalur yang benar di babak pertama, memiliki 78 persen penguasaan bola dan unggul 1-0. “Kemudian kami memiliki peluang bagus di babak kedua yang tidak kami manfaatkan. Kami membuat kesalahan yang seharusnya tidak pernah kami lakukan terutama di Piala Dunia dan itu adalah hal-hal yang perlu kami tingkatkan,” tandasnya.(cna/ssn)