Elkan tak Bisa Perkuat Timnas

14
Elkan Baggott. (net)

PSSI memastikan Elkan Baggott tidak bisa memperkuat timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Kepastian ini usai pemain asal klub Ipswich Town, Inggris tersebut tidak dapat terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab.
Saat ini, skuad Garuda sedang melakoni pemusatan latihan (TC) di Dubai dari tanggal 17 Mei lalu hingga berlangsungnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G yang dimulai 3 hingga 14 Juni mendatang.

“PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, ia menyatakan bahwa tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai,” kata Yunus Nusi, dilansir laman resmi PSSI, kemarin.

“Klubnya (Ipswich Town) sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung bersama timnas Indonesia pada 31 Mei, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat. Menurut Elkan, Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19. Ia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Dan klubnya sudah melakukan persiapan pra musim mulai awal Juni mendatang. Terkait hal ini kami sudah berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong,” tambah Yunus Nusi.

Sebelumnya PSSI sudah membelikan tiket penerbangan London ke Dubai kepada Elkan Baggott pada tanggal 31 Mei mendatang, tepatnya seusai Ipswich Town membalas surat PSSI. Namun usai dibelikan tiket, Elkan memberitahu bahwa dirinya tidak dapat ke Dubai, UEA.

Elkan Baggott bukan satu-satunya pemain Indonesia di luar negeri yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Terdapat empat pemain lainnya, yakni Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia).

Belum lama ini Elkan tampil memperkuat Ipswich Town U-18 di babak semi final FA Youth Cup 2021 melawan Liverpool, Kamis (13/5). Elkan Baggott bermain selama 90 menit. Tapi Ipswich Town U-18 terhenti langkahnya usai menelan kekalahan 1-2.

Di sisi lain, skuat Garuda tidak memiliki waktu lama untuk beristirahat. Usai Sabtu (22/5) lalu diberikan waktu rehat sekejap selepas latihan pagi, pelatih Shin Tae-yong kemarin pagi (23/5) kembali menggenjot fisik mereka.

Baca Juga:  Tour Jambi: Semen Padang FC Menang Telak

Di lansir laman resmi PSSI, bertempat di fitness center JA (Jebel Ali) Resorts and Hotels Beach, Dubai, Uni Emirat Arab, 27 pemain seperti biasa dibagi menjadi dua kelompok dan harus melaksanakan empat sesi latihan di gym. Latihan dipimpin oleh pelatih fisik, Lee Jae-hong. ”Materi latihan yang diberikan masih sama seperti di awal kami latihan seperti ini, yaitu angkat beban dan menarik beban (pull up dan pull down),” sebut Lee.

Sebelum memulai latihan, tim dibagi menjadi dua grup. Kemudian, mereka melakukan senam pemanasan dan aerobik, sebelum masuk ruangan fitness. Lalu berikutnya mereka langsung menjalani empat sesi di setiap latihannya. Yakni empat sesi pull up, dan empat sesi pull down.

“Untuk latihan angkat beban (inclined bench press), ada empat sesi latihan angkatan berat. Pertama, di 40 kg. Kedua, 60 kg. Ketiga, 80 kg. Dan Keempat, 90 kg. Berikutnya, di latihan pull down, ada beban 59 kg, 68 kg, 86 kg dan terakhir di 95 kg,” jelas Lee.

“Hari ini (kemarin, red) saya senang, mereka lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih atas kerja kerasnya tadi. Ini semakin dekat dengan pertandingan uji coba, jadi saya berharap keseriusan dari para pemain, dan tetap harus fokus serta konsentrasi selama latihan, baik di gym atau saat berlatih di lapangan hijau,” lanjut Lee.

Sementara itu, menurut penyerang Kushedya Yudo, latihan kemarin cukup berat. “Apalagi sewaktu saya mengangkat dan menarik di sesi keempat. Berat, namun tidak begitu kaget seperti saat pertama. Hanya saja, sesudah itu, daerah sekitar ketiak seperti ada yang mengganjal,” katanya.

Pemusatan latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan skuat Garuda menghadapi dua laga uji coba melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5). Kemudian, pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021. (rel/cip)