7-0 Kemenangan Terbesar Spanyol di Piala Dunia & Kekalahan Terbesar Kosta Rika

86
Pemain termuda Spanyol, Gavi merayakan setelah mencetak gol kelima timnya saat melawan Kosta Rika, Rabu (23/11/2022) WIB. (Foto: Sky Sports News)

Timnas Spanyol meraih kemenangan dengan margin terbesar mereka di Piala Dunia, setelah mengalahkan Kosta Rika 7-0 pada Rabu (23/11/2022) malam WIB, di Stadion Al Thumamah, Qatar. Hasil tersebut sekaligus kekalahan terbesar Kosta Rika di Piala Dunia.

Spanyol menyadari bahwa kekalahan mengejutkan yang diderita Argentina saat melawan Arab Saudi dan rivalnya di Grup E Jerman saat melawan Jepang sangat menyakitkan.

Untuk itu, Spanyol terus menyerang Kosta Rika sejak awal dan meraih keunggulan 3-0 dalam waktu kurang dari 30 menit.

Dani Olmo membuat gol mengalir di menit ke-11 ketika dia bertukar umpan dengan Gavi dan membobol gawang yang dijaga kiper Kosta Rika Keylor Navas.

Sepuluh menit kemudian, Marco Asensio mengatur waktu larinya ke dalam kotak penalti dengan sempurna terhubung dengan kuat dengan umpan silang Jordi Alba.

Mantan penyerang Manchester City Ferran Torres mencetak gol penaltinya pada menit ke-31 dan pemain sayap Barcelona itu mencetak gol keduanya pada menit ke-54 ketika dia memanfaatkan pertahanan yang ragu-ragu.

Gelandang Barcelona Gavi, pemain termuda yang mewakili Spanyol di Piala Dunia dalam usia 18 tahun, mencetak gol dengan tendangan voli yang sempurna pada menit ke-74, sebelum pemain pengganti Carlos Soler dan Alvaro Morata mengakhiri pertemuan yang benar-benar berat sebelah itu.

Kosta Rika tidak dapat berbuat banyak. Bahkan gagal melakukan tembakan ke gawang Spanyol yang menikmati rekor penguasaan bola 82 persen.

Baca Juga:  FPTI Sumbar Kirim Tiga Atlet Panjat Tebing Berlaga di Kejurnas Situbondo

Pertandingan sebelumnya di Grup E membuat kejutan besar bagi Jepang yang mengalahkan Jerman 2-1, menyusul kemenangan Arab Saudi atas Argentina 2-1 sehari sebelumnya.

Di Grup F, Maroko dan Kroasia bermain imbang tanpa gol, kemudian Belgia akan menghadapi Kanada di hari berikutnya, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB.(cna/ssn)

STATISTIK OPTA: Spanyol v Kosta Rika

– Dani Olmo mencetak gol ke-100 Spanyol di Piala Dunia, menjadi negara keenam yang mencapai 100 gol dalam sejarah kompetisi setelah Argentina, Brasil, Perancis, Jerman, dan Italia.

– Ini adalah kemenangan terbesar Spanyol di Piala Dunia, dan terbesar dalam kompetisi tersebut sejak Portugal mengalahkan Korea Utara dengan skor yang sama pada 2010.

– Ini adalah kekalahan terbesar Kosta Rika di Piala Dunia, dengan kebobolan gol malam ini sebanyak yang mereka lakukan dalam delapan pertandingan sebelumnya di kompetisi.

– Spanyol mencetak tiga gol di paruh pertama pertandingan Piala Dunia untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka, juga melakukannya melawan Brasil pada tahun 1934.

– Ferran Torres adalah pemain Spanyol ketiga yang mencetak dua gol pada debut Piala Dunia mereka, setelah David Villa vs Ukraina pada 2006 dan Jose Iraragorri Ealo vs Brasil pada 1934.

– Marco Asensio menjadi pemain berbeda ke-50 yang mencetak gol untuk Spanyol di Piala Dunia. Asensio hanya mencetak gol keduanya untuk Spanyol dalam penampilan ke-32nya dan mengakhiri 14 pertandingan tanpa gol.