Tingkatkan Fisik, Agendakan Dua Uji Coba

17
Timnas U-16 latihan. (net)

Tim nasional Indonesia terus melakukan latihan guna mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam. Saat ini latihan sudah memasuki pekan ketiga. Intensitas training center (TC) pun sudah meningkat jika dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan saat ini fokus untuk meningkatkan fisik serta performa pemain. Setelah itu konsentrasi baru beralih ke laga uji coba. ”Fisik pemain menjadi titik perhatian. Kompetisi yang tidak jalan membuat fisik mereka melempem. Setelah fisik kembali tentu laga uji coba menjadi penting,” ujar pelatih asal Korea Selatan, Rabu (24/2).

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan timnas pada bulan depan akan mengagendakan sedikitnya dua kali uji coba, yakni dengan dua tim peserta Liga 1. Uji coba akan dimulai pada 3 Maret melawan Bhayangkara FC. Kemudian pada 5 Maret menghadapi Bali United. ‘’Dua laga uji coba itu akan dipertandingkan di Jakarta,’’ ujar Indra Sjafri.

Setelah menjalani dua kali uji coba, pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk persiapan mengikuti Turnamen Menpora 2021 yang akan digelar mulai 20 Maret hingga 25 April.

Sebelumnya dalam laman resmi PSSI, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan agar pemain timnas Indonesia yang mengikuti TC kali ini untuk menunjukkan performa terbaik.
”Alhamdulillah TC timnas Indonesia persiapan SEA Games 2021 hingga saat ini berjalan lancar. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Baca Juga:  Duo SSB Imam Bonjol Juara di Netral United Cup 2021

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada bulan November hingga Desember mendatang di Vietnam. PSSI menargetkan tim ini meraih medali emas demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada SEA Games tahun 1991.

Masih dari laman yang sama, Penyerang Kushedya Hari Yudo bertekad terus bekerja keras bersama timnas Indonesia untuk persiapan SEA Games 2021 tersebut. Pemain asal klub Arema FC tersebut mengaku semakin nyaman menjalani TC bersama penggawa Garuda.

”Selama mengikuti TC ini, kami tidak ada kendala meski komposisi pemain ada pemain senior dan muda. Kami saling mendukung dan membantu antar pemain. Saat ini saya dalam kondisi baik dan bugar,” tambah pemain kelahiran 16 Juli 1993 tersebut.

Kushedya berharap dirinya dapat terus bersama timnas Indonesia dan bermain di ajang SEA Games 2021 mendatang. ”Membela timnas Indonesia adalah mimpi saya sejak kecil. Begitu dipanggil mengikuti TC, saya tentu harus bekerja keras, disiplin dan meningkatkan kemampuan saya demi dapat bermain bersama timnas Indonesia,” tukas pemain yang punya keunggulan dalam kecepatan dan penempatan posisi yang baik sebagai striker tersebut. (wur/cip/jpg)