Andre Rosiade: FORKI Sumbar Seleksi 198 Karateka Muda untuk Kejurnas

33

Tak mau berlama-lama dalam euforia dua perak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, atlet karate Sumbar yang bernaung di bawah Federasi Karate-Do Olahraga Indonesia (FORKI) Sumbar langsung mempersiapkan langkah berikut. Pembinaan usia muda atau junior langsung dikebut oleh Ketua Umum FORKI Sumbar Andre Rosiade.

Anggota DPR RI itu menyebut, Sabtu (23/10) langsung digelar seleksi atlet FORKI Sumatra Baratuntuk kategori kadet, yunior dan U-21. Seleksi dilaksanakan untuk memilih atlet yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional FORKI (Kejurnas) kadet, yunior dan U-21 yang akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat (Jabar) 6 dan 7 November 2021. Peserta yang ikut mencapai 198 karateka.

“FORKI Sumbar ingin terus meningkatkan kualitas dan prestasi para atlet, tentunya dari tingkat paling muda. Karena itulah kita adakan seleksi ini dari tingkat paling bawah, agar bisa berbicara banyak pada Kejurnas di Jabar bulan depan,” kata Andre Rosiade yang terus memberikan motivasi bagi semua karateka Sumbar.

Acara seleksi sendiri dibuka oleh Ketua Tim Seleksi Indrieffouny Indra yang juga Kabid IV Penelitian dan Pengembangan (Litbang) FORKI Sumbar. Arif, sapaannya menyebut pembukaan seleksi diikuti oleh 198 atlet, pengurus, tim peyeleksi dari Pakar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) dan orang tua atlet.

Indrieffouny mengatakan, seleksi dilaksanakan Sabtu dan Minggu (23-24/10) di Gedung Beladiri GOR H Agus Salim Padang, dimulai tepat waktu pukul 08.00 WIB setiap hari. “Peserta seleksi yang ikut berdasarkan usulan dari Perguruan dan Pengcab FORKI se Sumatera Barat yang memenuhi kriteria, kata Indrieffouny usai pembukaan seleksi.

Baca Juga:  Polresta Padang Siapkan Piala untuk Best Supporter Honda DBL Seri Sumbar

Adapun kriterianya, katanya, peringkat 1, 2 dan 3 Kejuaraan Nasional FORKI. peringkat 1 dan 2 Kejuaraan Nasional Perguruan, usulan dari perguruan maksimal 3 orang, usulan dari Pengcab FORKI maksimal 3 orang dengan ketentuan usia yang telah ditetapkan.

“Kadet putra dan putri kelahiran 10 Desember 2005 sampai dengan 9 Desember 2007. Yunior putra dan putri kelahiran 10 Desember 2003 sampai dengan 9 Desember 2005. Sementara U-21 putra dan putri kelahiran 10 Desember 2001 sampai dengan 9 Desember 2003,” kata mantan Direktur Produksi PT Semen Padang ini.

Indrieffouny menyebut, seleksi digelar dalam dua tahapan. Hari pertama, 23 Oktober 2021dilakukan test kemampuan fisik umum, diikuti oleh seluruh peserta. Peserta yang lolos akan diumumkan langsung setelah seleksi dilaksanakan dan setelah data selesai diolah. “Hari keduaMinggu, test pertandingan kata dan kumite, diikuti oleh peserta yang lolos test Kemampuan Fisik Umum dengan pakaian karate,” katanya.

Untuk teks kemampuan fisik umum, sebut Indrieffouny, dipimpin oleh Dr Padli MPd. Tim akan memastikan inggi badan, berat badan, kekuatan lengan, kekuatan tungkai, kecepatan dan daya tahan. Sementara test pertandingan kata dan kumite dipimpin oleh senpai Sakhyar. “”Hasil seleksi akan diumumkan Senin, 25 Oktober 2021 melalui Ketua Perguruan dan Ketua Pengcab FORKI,” sebutnya. (*)