Yamaha Sapuh Bersih Podium MotoGP Andalusia

Fabio Quartararo. (net)

Bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo kembali mencatat rekor sensasional. Setelah pekan lalu menjadi juara untuk kali pertama di MotoGP, malam ini (26/7), Quartararo kembali tampil sebagai pemenang.

Kembali berlaga di Sirkuit Jerez, Spanyol, dalam race yang bertajuk MotoGP Andalusia, Quartararo finis sebagai yang tercepat. Quartararo menjadi rider termuda kedua yang menjadi pemenang back-to-back dalam sejarah MotoGP.

Hari ini, Quartararo berusia 21 tahun dan 97 hari. Rekor pembalap termuda yang juara seri MotoGP dua kali beruntun masih dipegang Marc Marquez (20 tahun dan 154 hari). Marquez melakukannya di Jerman dan Amerika Serikat pada 2013.

Quartararo menjadi juara setelah menaklukkan temperatur Sirkuit Jerez yang mencapai 63 derajat celcius. Pembalap asal Prancis itu tampil fantastis sepanjang balapan. Start dari pole position, Quartararo melaju dominan untuk menjadi juara. Di sisi lain, kesalahan rider Monster Yamaha Maverick Vinales pada awal balapan membuat bintang gaek berusia 41 tahun Valentino Rossi merangsek ke posisi kedua.

Kekecewaan yang sama juga didapatkan pembalap Pramac Ducati Francesco Bagnaia. Dia berpeluang naik ke podium kedua untuk pertama dalam karirnya. Namun, motor Desmosedici miliknya berasap. Padahal, balapan sudah menyisakan enam lap lagi.
Vinales akhirnya finis di posisi kedua. Setelah lama berada di posisi ketiga, Vinales lantas melakukan tekanan intens. Saat balapan kurang dua lap lagi, Vilanes sukses melibas Rossi dan akhirnya finis di posisi ketiga.

Bagi Rossi ini adalah podium ke-199 sepanjang karirnya, sekaligus yang pertama sejak GP Amerika pada 2019. Hasil itu membuat Yamaha finis di posisi 1, 2, 3. Ini adalah sapu bersih podium pertama bagi Yamaha setalah 2014.

Quartararo menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 50 poin. Vinales menempati peringkat kedua dengan catatan 50 angka. Andrea Dovizioso (Ducati) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) untuk sementara berada di posisi empat dan lima dengan koleksi 26 dan 19 poin. (jpg)