PSSI Belum Pastikan Kapan Shin Tae-yong Kembali

8
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (net)

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pulang ke Korea Selatan dengan pesawat sewaan lewat Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (27/3). Perjalanan tersebut dilengkapi flying doctor. Biayanya ditanggung sendiri oleh pihak keluarga.

Padahal, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Ditaksir menghabiskan 130 juta won atau sekitar Rp 1,6 miliar. Sebagaimana diketahui, Shin diumumkan positif Covid-19 pada Jumat (19/3). Sebelumnya, pelatih 51 tahun itu mengantarkan skuat Garuda meraih kemenangan dalam uji coba melawan Persikabo 1973 pada 5 Maret dan Bali United dua hari setelahnya.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi menyatakan, pihak keluarga sendiri yang menginginkan Shin untuk menjalani pemulihan di Korsel. Hal itu setelah adanya pembicaraan dengan pihak kedutaan Korea di Indonesia. “Jadi, segala biaya ditanggung keluarga,” ujar Yunus Senin (29/3).

Dia menambahkan, biaya perawatan Shin selama di Jakarta menjadi tanggungan PSSI. Sebelum ke Korsel, Shin sempat dirawat secara intensif selama sepekan di High Care Unit RS Siloam, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pihaknya memahami keputusan keluarga yang menginginkan Shin untuk menjalani pemulihan di Korea. “Ada kontrak profesional yang saling dihargai. Dan mereka mengerti tentang itu,” bebernya. Yunus belum bisa memastikan kapan Shin kembali ke Indonesia. Pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan tim dokter. (raf/c17/ali/jpg)