Selalu Berpikir Positif Kurangi Masalah

Aqua Dwipayana

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional

Setiap manusia pasti pernah ada masalah dalam hidupnya. Skalanya kecil, sedang, dan besar. Penilaiannya Tergantung melihat dan menyikapinya.

Mereka yang dekat dengan Tuhan meyakini bahwa setiap masalah dapat dituntaskan. Apalagi Tuhan tidak akan memberi cobaan berupa masalah di luar batas kemampuan hambaNya.

Intinya seberat apapun masalah tersebut harus yakin dapat dituntaskan. Terpenting, ada niat baik dan upaya maksimal untuk menuntaskannya.

Upayakan secara konsisten mengeliminir masalah. Bukan malah menambahnya yang akhirnya membuat repot sendiri.

Salah satu caranya dengan membiasakan diri untuk selalu berpikir positif. Melihat dan menilai semuanya secara baik. Bukan sebaliknya.

Ketika melihat sesuatu yang aneh atau tidak biasa, jangan reaktif. Apalagi spontan memberikan penilaian yang belum tentu kebenarannya.

Sikap yang arif dan bijak adalah dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, menganalisa, dan baru menyimpulkannya.

Kalaupun sudah ada kesimpulan, sebaiknya jangan langsung berkomentar jika memang hal itu tidak diperlukan. Lebih baik diam.

Jangan Campuri Urusan Orang Lain

Baca Juga:  Saat Menjabat Harus Siap Diberhentikan

Selain itu, jangan mengurusi yang bukan urusannya. Apalagi selama ini masih banyak urusan sendiri yang belum selesai diurus.

Jauh lebih bijak memprioritaskan mengurus dan menuntaskan urusan sendiri. Daripada mencampuri urusan orang lain.

Tidak pas jika melakukan itu, apalagi kalau ngga diminta sama yang bersangkutan. Lebih baik semua kekuatan yang ada dipusatkan untuk mengurus urusan sendiri termasuk berbagai masalah hingga tuntas.

Di saat pandemi Covid-19 ini mari mengoptimalkan kebiasaan berpikir positif agar dapat mengurangi masalah. Ini sama dengan mengeliminir beban pikiran. Aamiin ya robbal aalamiin. (*)