Layanan Listrik dalam Genggaman

50
GM PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto. (IST)

Bambang Dwiyanto
GM PLN Sumbar

Barangkali pembaca pernah mengalami. Suatu malam tiba-tiba mati lampu di rumah, ada gangguan listrik. Gelap. Telepon ke call center PLN. Oleh petugas ditanya macam-macam, nomor identitas pelanggan (idpel), daerah mana, dan lain- lain. Mengesalkan mungkin, mau mencari catatan nomor idpel kondisi gelap. Susah. Ribet.

Kondisi itu tidak akan terjadi lagi jika Anda menyampaikan kejadian gangguan listrik melalui aplikasi new PLN mobile dimana nomor idpel Anda sudah didaftarkan sebelumnya di aplikasi tersebut. Lebih dari itu, tentu kami berharap Anda tidak mengalami gangguan listrik. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan dan menjaga keandalan listrik yang kami deliver ke tempat Anda para pelanggan setia kami.

Ilustrasi di atas hanya salah satu kemudahan layanan listrik yang kini bisa anda nikmati sepenuhnya melalui aplikasi new PLN mobile. Disebut new karena memang sebelumnya sudah ada aplikasi PLN mobile, dan kini diupgrade agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Dengan aplikasi ini maka layanan listrik benar-benar akan berada di genggaman Anda.

Customer Focused
PLN saat ini sedang melakukan transformasi besar-besaran untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan terkemuka di Asia Tenggara dan menjadi nomor satu pilihan pelanggan untuk energi. Visi ini ingin diwujudkan PLN pada tahun 2024. Untuk mencapai cita-cita tersebut PLN memiliki empat strategi utama yaitu green, lean, innovative dan customer focused.

Green, PLN ingin membawa Indonesia transisi menuju ke energi terbarukan berskala besar secara cepat dan efisien. Lean, PLN ingin menjadi penyedia jasa listrik bagi rumah tangga, bisnis dan industri yang ramping, handal dengan biaya terendah. Innovative, mendorong pertumbuhan melalui bisnis model yang inovatif. Customer focused, PLN ingin memuaskan pelanggannya dengan pelayanan yang berkualitas dunia.

Empat strategi utama tersebut kemudian diturunkan menjadi inisiatif program menuju tercapainya visi. Terkait customer focused misalnya. Predikat perusahaan terkemuka tidak akan pernah bisa disematkan jika PLN mengabaikan pelayanannya. Perusahaan terkemuka adalah perusahaan yang memiliki tingkat pelayanan kelas dunia. Perusahaan yang memiliki fokus perhatian kepada para pelanggannya. Karena itu salah satu inisiatif transformasi PLN terkait strategi customer focused adalah relaunching aplikasi layanan new PLN mobile.

New PLN Mobile
New PLN mobile adalah aplikasi yang memungkinkan layanan PLN dijangkau dari manapun. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iPhone. Setelah mengunduh dan login sesuai username yang di register, kita bisa mendaftarkan maksimal empat nomor idpel sebelum kita berselancar untuk menikmati layanan kelistrikan.

Sangat cocok apalagi di masa pandemi dan tuntutan untuk selalu menjaga jarak saat ini. Anda tidak perlu datang ke kantor PLN atau ke mesin-mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk meminta layanan dan melakukan transaksi.

Baca Juga:  Tanpa Sakit

Berbagai fitur layanan tersedia untuk memudahkan dan memanjakan pelanggan. Pertama, layanan listrik. Selama masa pandemi kita banyak melakukan kegiatan di rumah. Kerja dari rumah, anak-anak belajar dari rumah, beribadah di rumah dan lain-lain. Pusat kegiatan beralih ke rumah-rumah. Hal ini akan meningkatkan kebutuhan energi listrik untuk mendukungnya.

Bagi pelanggan yang daya listrik di rumah mulai kurang karena kebutuhan meningkat, baik peningkatan alami atau karena banyak melakukan kegiatan di rumah bisa minta layanan perubahan daya melalui aplikasi ini. Transaksi pembayaran biaya layanan juga bisa dilakukan melalui fitur yang ada di aplikasi ini. Tidak perlu ke mana-mana. Tinggal menunggu di rumah dan petugas PLN akan datang untuk memenuhi permintaan Anda.

Kedua, catat meter secara SwaCam. Menu untuk melakukan SwaCam, yaitu pelanggan pasca bayar dapat mengirimkan angka dan foto  stand meter  pada tanggal 24 – 27 setiap bulan. Ini merupakan fitur terbaru dari aplikasi new PLN Mobile yang sangat relevan dengan situasi dan kondisi pandemi. Dengan demikian petugas PLN tidak perlu mendatangi rumah pelanggan dan menghindarkan resiko penyebaran virus.

Ketiga, isi ulang token listrik. Bagi Anda pelanggan listrik prabayar bisa membeli dan mengisi ulang token listrik melalui aplikasi ini. Sangat mudah dan biaya administrasi relatif lebih murah. Kita tidak perlu lagi malam-malam karena kehabisan token (kWh) harus mencari mesin ATM. Dan yang tidak kalah penting, kita bisa melihat historikal pembelian token sebelumnya sehingga kita bisa dengan mudah mengatur penggunaan dan anggaran biaya energi listrik.

Keempat, bayar tagihan. Bagi pelanggan pascabayar Anda bisa membayar rekening listrik dengan sangat mudah dan tepat waktu. Membayar listrik tidak lagi menjadi masalah. Beberapa bank sudah bekerja sama dengan PLN dalam hal ini. Juga, ada menu riwayat transaksi yang dilakukan. Tidak perlu lagi repot-repot menyimpan bukti pembayaran rekening untuk mengetahui realisasi pemakaian energi listrik kita.

Kelima, pengaduan. Menu untuk melakukan pengaduan layanan PLN. Banyak feature pengaduan yg disajikan seperti pengaduan gangguan listrik, keluhan terkait layanan PLN, keluhan catat meter, keluhan instalasi listrik, keluhan meter prabayar dan lain-lain. Kita juga bisa melakukan interaksi dengan petugas customer services  PLN tanpa menggunakan pulsa telpon dengan melakukan chat secara realtime mengenai permasalahan listrik yang ada di rumah.

Keenam, notifikasi. Melalui aplikasi ini pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi sebagai pengingat atau umpan balik PLN kepada pelanggan, seperti notifikasi pembayaran, progres pengaduan dan notifikasi lainnya. Tunggu apa lagi. Ayo unduh dan nikmati keleluasaan layanan listrik melalui new PLN mobile. (*)