5 Kunci Gaib Hanya Dalam Ilmu Allah

74
Irsyad Syafar Pendiri Yayasan Wakaf Ar Risalah

Ada lima hal di dunia ini, manusia tidak akan bisa mengetahuinya dengan akurat. Ilmunya hanya ada pada Allah SWT. Paling-paling manusia berusaha memprediksi. Mungkin kadang benar atau tepat, tapi kali yang lain juga sering meleset.

Kelima hal tersebut diungkapkan Allah SWT dalam firman-Nya: Artinya: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat; Dan, Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan, tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan, tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS Luqman: 34).

Semakna dengan ayat di atas Rasulullah SAW juga pernah bersabda: Artinya: “Kunci-kunci yang ghaib itu ada lima. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah. Tidak ada yang mengetahui apa yang dikandung dalam rahim kecuali Allah.

Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi besok hari kecuali Allah. Tidak seorangpun tahu kapan akan turun hujan kecuali Allah. Tidak satu pun jiwa tahu di bumi mana ia akan meninggal kecuali Allah. Dan, tidak seorangpun tahu kapan hari kiamat akan terjadi kecuali Allah.” (HR Bukhari).

Banyak ayat dan hadits yang semakna atau mendukung ayat dan hadits di atas. Maka apa yang disebutkan oleh ayat dan hadits ini merupakan kunci-kunci kegaiban yang hanya Allah sendirilah yang mengetahuinya. Dan, tiada seorang pun yang dapat mengetahuinya kecuali setelah ia diberi tahu oleh Allah SWT. tentangnya.

Mungkin ada yang bisa memprediksi jenis kelamin bayi yang akan lahir, karena menggunakan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tapi itu tidak bisa mencakup segala informasi tentang bayi yang akan lahir tersebut. Beratnya, panjangnya, keadaannya sehat atau tidak, bahkan kelaminnya bisa berbeda dengan saat waktu sebelum lahir.

Baca Juga:  Sinyal Motor Ekonomi Mulai Bergerak

Juga, tidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi besok hari. Panaskah, dinginkah, amankah, ada gejolak atau keributankah, berapa yang sakit atau mati? Dan lain-lain. Tidak ada manusia yang mampu memastikannya.

Juga, tidak ada manusia yang bisa memastikan kapan akan turunnya hujan. Berapa lama dan seberapa derasnya. Akan turun membasahi kawasan mana saja. Manusia hanya bisa memperkirakan tapi tidak mampu memastikan. Apalagi akan mengendalikannya.

Lalu, setiap manusia juga tidak pernah tahu dimana ia akan meninggal dunia. Bisa jadi dikampung halamannya atau di kota atau negeri lain. Semuanya hanya dalam ilmu Allah.

Imam Ibnu Katsir dalam menafsirkan ayat ini mengutip sebuah hadits: Artinya: “Apabila Allah berkehendak akan mencabut nyawa, seseorang hamba di suatu negeri, maka Dia menjadikan baginya di negeri itu suatu keperluan (yang mendorongnya pergi ke negeri itu).” (HR Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad).

Apalagi tentang hari kiamat kapan akan terjadi, tidak ada satu pun manusia mengetahuinya. Termasuk, para Nabi dan Rasul. Sudah banyak orang yang dulu berani menyebutkan perkiraannya. Tapi, semuanya meleset. Satu per satu waktu yang diperkirakan itu datang dan kemudian berlalu.

Dan, kiamat pun belum terjadi juga. Itulah lima hal yang gaib yang hanya Allah yang tahu. Kalau ada manusia yang merasa mengetahuinya atau mengendalikannya, atau dapat mengaturnya, maka sesungguhnya dia seorang pendusta. Dan, dia telah berlawanan dengan ayat-ayat Al Quran dan hadits yang sahih. Wallahu A’laa wa A’lam. (*)