Padangpanjang Tumbuhkan Budaya Literasi, Anak SD Lomba Bercerita

Bercerita dapat menumbuhkan minat baca dan budaya literasi serta menjadikan anak-anak berkualiatas. Di samping itu, bercerita dapat membentuk karakter anak dan meningkatkan tiga kemampuan komunikasi, yakni komunikasi menyampaikan ide, komunikasi memyampaikan pendapat, dan komunikasi untuk menerima pendapat dan ide orang lain.

Hal itu disampaikan Bunda Literasi Padangpanjang dr. Dian Puspita Fadly Amran, saat membuka Lomba Bercerita Tingkat SD se-Kota Padangpanjang, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Selasa (30/3/2021).

Dokter Dian mengimbau semua pihak, khususnya orang tua untuk menumbuhkembangkan kemampuan membaca dan literasi anak. Agar bisa menciptakan generasi yang berpengetahuan luas, cerdas, dan memiliki kemampuan menyampaikan ide-ide dan gagasan.

Istri Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran itu mengapresiasi DPK yang telah peduli dengan pengembangan minat baca di usia dini dengan mengadakan kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan DPK Hirda menyampaikan, lomba ini merupakan kegiatan tahunan dari DPK. “Lomba bercerita bertujuan menumbuhkembangkan kegemaran membaca serta menanamkan cinta kebudayaan, persatuan dan kesatuan,” katanya.

Baca Juga:  Kukuhkan Kepengurusan BPIC Padangpanjang, Ini Pesan Wako Fadly

Hirda juga menyebutkan, lomba ini diikuti 82 murid yang berasal dari SD se-Kota Padangpanjang yang akan digelar selama dua hari. Peserta lomba mengangkat cerita daerah yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan, silsilah daerah, maupun legenda. Tim juri berasal dari Dosen ISI Padangpanjang, Dr. Afrizal Harun M.Sn, pendongeng Sumbar, Niki Martoyo, S.Pt, dan pegiat literasi, Joni Aldo, Amd.(wrd)

Previous articlePLN-TNI AD Lanjutkan Kerja Sama Penerimaan dan Pengujian Batubara
Next articleFokus Proses Efikasi, Nevi Minta Vaksinasi jangan Dijadikan “Bisnis”