Jumlah Pengunjung Sejumlah Objek Wisata pada Hari Kedua Lebaran di Sumbar

231

Pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1443 H, masyarakat sudah memenuhi objek wisata di kabupaten dan kota di Sumbar. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Pariwisata Sumbar, kabupaten dan kota, kunjungan satu objek wisata ada yang mencapai puluhan ribu orang.

“Pemantauan objek wisata Mifan Water Park Padangpanjang, pada H+1 Lebaran diperkirakan 300 orang, sementara H+2 600 orang dan cottage 70% terisi. Pengunjung di dominasi dari Sumbar,” ujar Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Sumbar Derliati, Selasa (3/4/2022).

Dia juga menginformasikan bahwa untuk destinasi wisata lainnya di Padangpanjang, yakni Kubu Gadang baru dibuka untuk wisatawan pada 5-8 Mei. Sedangkan objek wisata pemandian Lubuk Mata Kucing tutup.

Sementara itu di Kota Sawahlunto, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Tri Darma Satria menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan ke objek wisata Kandih menembus angka 2.000 orang lebih.

Taman Satwa Kandih merupakan objek wisata rekreasi dan edukasi yang lokasinya berada di bekas tambang batubara Sawalunto. Di sini, pengunjung bisa keliling taman dengan menunggangi kuda dipandu petugas di objek wisata. Selain itu, juga terdapat aneka satwa dan menaiki perahu naga berkeliling danau.

Kemudian ada pula wisata air seperti sepeda air, speed boat, banana boat dan bola-bola gila serta wahana ketangkasan flying fox melintasi danau dan paint ball.

Sementara itu di Kabupaten Tanahdatar, Kepala Dinas Pariwisata Hendri Agung menyampaikan kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung sudah ramai sejak hari pertama lebaran.

“Hari pertama lebaran kunjungan dewasa sebanyak 1.494 orang dan 610 anak-anak. Sedangkan pada hari kedua meningkat tajam menjadi 8.065 orang dengan rincian dewasa 5.689 orang dan 2.376 orang anak-anak,” ujar pejabat yang pernah menjabat Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar ini.

Dari Pariaman, Kepala Dinas Pariwisata Dwi Marhen Yono menginformasikan bahwa kunjungan wisata libur lebaran bertajuk “Festival Pantai Pariaman 2022” mencapai 4.015 orang ke Pantai Gandoriah, 2.033 orang ke Pantai Kata, 1.100 orang ke Talao Pauh dan 488 orang ke Pulau Angso Duo. “Total kunjungan mencapai 7.636 orang dengan pendapatan retribusi sebesar Rp40,6 juta,” kata Marhen.

Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Solok Selatan juga telah dikunjungi ribuan orang pada hari kedua Lebaran. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Mardiana menyampaikan kunjungan wisata mencapai 3.161 orang.

“Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pegiat wisata setempat, kunjungan ke Saribu Rumah Gadang sebanyak 500 orang, Hot Waterboom 2.361 orang dan Gua Batu Kapal sebanyak 300 orang,” ujar Mardiana.

Lalu bagaimana dengan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Kota Bukittinggi? Kepala Dinas Pariwisata Hendry menyebutkan bahwa kunjungan di objek wisata berbayar pada hari pertama pertama dan kedua lebaran mencapai lebih dari 20 ribu orang.

Baca Juga:  Jadi Primadona, 3 Pantai Makin Memesona

Kunjungan ke Kebun Binatang Kinantan pada hari pertama lebaran sebanyak 2.441 orang dan hari kedua menembus angka 11.482 orang. Sedangkan kunjungan ke Benteng pada hari pertama 432 orang dan 2.235 orang pada hari kedua lebaran.

Lalu kunjungan ke Taman Panorama Lubang Japang (TPLJ) sebanyak 1.219 orang pada hari pertama dan 2.941 pad hari kedua.

Pada Lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan di Kabupaten Dharmasraya juga semakin ramai dengan terus bertambahnya destinasi baru. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sutan Taufik mengungkapkan bahwa dari lima lokasi daya tarik wisata termasuk wahana air di Dharmasraya, kunjungan mencapai 2 640 orang pada hari kedua Lebaran.

Di salah satu objek wisata unggulan Kota Padang, yakni Pantai Air Manis, pengunjung yang masuk lewat pintu utama yang dikelola Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) mencapai sebanyak 4.188 orang dewasa dan 620 orang anak-anak.

Sementara mobil yang masuk ke kawasan Pantai Air Manis mencapai 667 unit dan 431 unit motor. Total pendapatan dari retribusi sekitar Rp 49,6 juta lebih.

“Alhamdulillah. Kunjungan ke objek wisata Pantai Air Manis dengan berbagai fasilitas dan atraksi seperti Batu Malinkundang, Air Batapuak, ATV dan lainnya, sudah mulai banyak pada hari kedua lebaran ini. Pengunjung saat masuk diberikan tiket resmi serta merasa aman dan nyaman karena kita dirikan pos pengamanan. Areal parkir motor dan mobil juga luas,” jelas Direktur Utama PSM Rico Rahmadian.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra mengapresiasi kepala dinas kabupaten dan kota yang telah melaporkan data kunjungan wisata dan hal-hal lainnya yang membuat wisatawan aman dan nyaman di Sumbar.

Data tersebut juga dilaporkan ke dalam link khusus yang telah disiapkan Dinas Pariwisata Sumbar sehingga bisa diketahui tingkat kunjungan wisatawan di Sumbar pada masa libur lebaran tahun ini.

“Data tersebut diinput paling lambat tanggal 8 Mei 2022, agar kita dapat segera validasi data, dan merilisnya pada 9 Mei 2022,” ujar Doni Hendra.

Doni Hendra memperkirakan, kunjungan ke objek wisata bakal ramai hingga 8 Mei mendatang. Pada lebaran hari ketiga dan berikutnya, biasanya pengunjung akan mengunjungi atau bergerak ke destinasi-destinasi lainnya yang belum mereka kunjungi pada hari sebelumnya. Apalagi libur bersama lebaran kali ini lumayan lama.

“Kita berharap, pengunjung senantiasa merasa aman dan nyaman selama berkunjung ke seluruh destinasi wisata yang ada di Sumbar. Jika ada keluhan dan masukan bisa disampaikan ke nomor hotline WA 08116677111 atau klik link https://linktr.ee/DiskominfotikSumbar yang telah diinformasikan sebelumnya,” kata Doni Hendra.(esg)