Parkside Nuansa Maninjau Resort, Nuansa Rindu Ranah Minang

31
salah satu fasilitas di Nuansa Maninjau Resort.(PINTO JANIR/PADEK)

Kemana Anda dan keluarga berlibur pekan ini? Tidak salah rasanya mencoba “belaian” Nuansa Maninjau Resort. Penginapan berstandar internasional yang terletak di Embunpagi, Matur Mudik, Kabupaten Agam, Sumbar ini cocok dikunjungi keluarga besar Anda.

Resort yang terletak 800 meter di atas permukaan laut ini berhawa sejuk dengan view Danau Maninjau serta hutan tropis yang masih “perawan” .

Tidak itu saja, nikmati setiap hela napas menghirup kabut beroksigen tinggi yang menyehatkan paru-paru Anda. Sejauh mata memandang, hanya pemandangan alam nan indah yang memanjakan mata. Seperti apa pesonanya?

Secangkir kopi panas dan kentang goreng menemani kami sore itu. Udara dingin terasa menusuk tulang sedingin hati seorang gadis yang ditinggal pergi sang kekasih.

Hmmm. Kami masih asyik gobrol wira-wiri di ruang resto Nuansa Maninjau Resort. Tak terasa azan Magrib mengumandang membelah daerah yang taat beragama itu. Panggilan sang illahi menutup pembicaraan kami yang tak berujung itu.

Dingin. Tapi jangan kawatir. Udara dingin itu akan hilang ketika Anda menyerumput kopi hutan tropis yang disajikan resto Nuansa Maninjau Resort. Hanya saja, bagi yang tidak biasa dengan suhu dingin jangan lupa membawa peralatan penghangat badan.

Resort ini berjarak kurang lebih 165 kilometer dari Kota Padang dan 23 kilometer dari Kota Bukittinggi. Kalau ingin lebih merasakan denyut Danau Maninjau dengan kelok 44 yang terkenal itu, pengunjung butuh waktu 10-15 menit atau sekitar 2,5 kilometer dari Nuansa Maninjau Resort.

Kalau dari Kota Padang pengunjung bisa melewati Jalan Malalak atau Bukittinggi. Hanya saja pengunjung perlu waspada melewati Jalan Malalak yang rawan longsor dan terban ketika hujan tiba.

Kemudian tebalnya kabut disepanjang Jalan Malalak perlu juga jadi perhatian pengunjung. Kalau cuaca bagus, Jalan Malalak adalah pilihan yang tepat. Karena mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan hutan tropis yang masih perawan dan berhawa sejuk.

Resort yang dibangun di atas bukit dengan luas 20 hektare itu memiliki keunikan, bangunannya terdiri dari perpaduan kayu dan batu yang membuat pengunjung merasa nyaman.

Jika malam tiba, senyap. Suara jangkrik riuh bersahutan membentuk sebuah melodi yang memecah keheningan malam. Disitulah kedamaian datang, koreksi diri, siapa kita, dari mana asal kita, kembali kepada siapa kita. Fabiayyi ’aala’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan. (nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan).

Ketika Subuh baru saja beranjak, kabut beroksigen tinggi akan memanjakan paru-paru pengunjung. Sambil berolahraga pagi mengitari kawasan resort dan ditemani kicauan burung, hawa sejuk hutan tropis membuat mengunjung ingin tinggal berlama-lama.

Gumpalan kabut di atas Danau Maninjau yang memiliki luas 99,5 km2 itu seolah-olah cermin raksasa yang jatuh dari langit. Sungguh suatu kebesaran Tuhan yang maha agung.
GM Nuansa Maninjau Resort Metyulzaheri mengatakan kawasan resort ini memiliki kabut beroksigen tinggi.

Dalam sehari ada 4 kali kabut itu menyelimuti Nuansa Maninjau Resort. Suasana pemandangan pun tampak eksotik saat kabut turun, berpadu dengan semilir udara sejuk ditambah lagi view alam yang menakjubkan.

“ Kabut itu datang di waktu subuh, siang pukul 10.00 Wib,12.00 Wib dan pukul 17.00 Wib. Ini sangat baik untuk kesehatan paru-paru, “ ujar Denai sapaan akrab Metyulzaheri.

Putra Kuranji, Padang ini mengatakan membangun jembatan hati dengan pengujung adalah yang paling utama, jangan sampai mereka kecewa sedikipun. Artinya. pelayanan dan kenyaman pengunjung adalah yang utama.

“Saya yakin di daerah lain, tidak ada resort seperti ini, karena kita punya hutan tropis yang masih asri dan Danau Maninjau. Ini ciptaan tuhan, siapa yang bisa membawa Danau Maninjau ke tempat lain, tidak bisa toh, “ ujar Denai itu sambil bercanda.

Mantan pegawai Caltex ini mengatakan, Nuansa Maninjau Resort mempunyai banyak fasilitas di samping kamar dan cottage,sarana olahraga seperti kolam renang, Fitnes Centre ,lapangan tenis hingga arena bermain anak.

Di sini juga di sediakan meeting room dengan kapasitas 30-100 orang. Di lokasi ini juga ada restoran, spa dan suana, laundry dan parkir yang luas. “ Pokok nyaman, ke sini aja deh, pastikan Anda mempunyai energi baru ketika kembali beraktifitas,” jelasnya.

Denai mengatakan, resort ini memiliki 59 kamar, yaitu tujuh cottage dan 52 kamar. Dengan beberapa pilihan tipe yaitu Standard Room, Deluxe Room, Superior Rood dan Honeymoon Suite. Untuk cottage juga ada beberapa pilihan seperti Standard Cottage, Superior Cottage dan Deluxe Cottage.

“Nah, di setiap kamar juga ada multi channel TV with in-house movie, telpon dan pemasak kopi, “ jelasnya.

Soal makan, jangan khawatir kami mempunyai banyak menu makanan. Ada masakan khas minang, randang, dedeng, gulai ikan dan lain sebagainya. Ada juga masakan yang berselera Asia dan Eropa. “Semoga bisa betah di sini,” ujarnya. (***)