Bayar 10 Ribu Saja, Bisa Healing Sambil Belajar Peternakan Modern di Solok

695

Diberkahi lima danau, satu gunung dan kontur daerah yang beragam, Kabupaten Solok seperti surganya wisata alam. Wisata berbasis edukasi akhir-akhir ini cukup digemari di daerah penghasil beras tersebut, seperti ditawarkan oleh Sirukam Dairy Farm. Seperti apa ceritanya?

Dianugerahi dengan alam yang indah, Kabupaten Solok menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Sumbar. Beragam destinasi berbasis keindahan alam cukup banyak di daerah tersebut.

Pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Singkarak, eksotisme Danau Diatas dan Dibawah, keasrian Danau Talang, hamparan kebun teh, atau bisa juga mencicipi pengalaman pendakian Gunung Talang.

Selain itu, berbagai wisata alternatif lainnya juga ada di Solok. Salah satunya, Sirukam Dairy Farm, pariwisata berbasis edukasi, yang terletak di Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki.

Untuk mengunjungi Sirukam Dairy Farm, bisa diakses melalui  jalan raya Solok-Alahanpanjang lebih kurang berjarak 25 kilometer dari Kota Solok. Sepanjang perjalanan, nuansa alam pun selalu terasa, pada 10 kilometer pertama dari Kota Solok, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan sawah di sisi kiri dan kanan jalan.

Lalu, perjalanan akan di tempuh di lereng bukit, tikungan-tikungan tajam saling berbalas. Walaupun demikian, pengunjung akan menyaksikan keindahan hamparan Kabupaten Solok di sisi kanan jalan, jika cuaca bagus, akan terlihat jelas jajaran bukit barisan, dan wajah Kabupaten dan Kota Solok dari ketinggian.

Saat tiba di depan gerbang Sirukam Dairy Farm, memang belum terlihat istimewa, tapi setelah masuk ke kawasan taman, suasana seketika berubah. Jika cuaca cerah, dari taman Sirukam Dairy akan terlihat pemandangan indah kawasan utara Sumbar, jelas terlihat siluet Gunung Marapi, Sago dan Singgalang berjajaran, lalu bentangan Danau Singkarak, serta di bagian selatan, bediri megah Gunung Talang yang terlihat sangat jelas.

Di sana, juga ada coffee shop jika pengunjung ingin menikmati alam dengan secangkir kopi. Lalu di dalam area seluas 20 hektare itu, selain taman juga ada kandang sapi perah, yang berjumlah lebih kurang 150 ekor, 500 lebih ayam kukuak balenggek, ayam petelor, domba, kambing, dan berbagai tanaman hias.

Direktur Sirukam Dairy Farm, Budi Badar saat ditemui Padang Ekspres mengatakan, salah satu tujuan Sirukam Dairy Farm ini yakni untuk mengedukasi pengunjung tentang peternakan, khususnya peternakan modern.

“Sirukam Dairy Farm mengusung tema eduwisata, yang artinya edukasi menjadi fokus kita, agar tak hanya berwisata, pengunjung juga bisa mendapat pengetahuan seputar perternakan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wisata Kaya Sejarah Kota Galamai: Menjemput Senja di Jembatan Ratapan Ibu

Dijelaskan, di sini pengunjung bisa melihat dan mengetahui bagaimana cara beternak kambing, penggemukan sapi, beternak ayam kukuak balenggek secara modern.

Sejak mulai dibuka pada libur Lebaran Idul Fitri 2022 lalu, masyarakat terlihat sangat antusias, setiap harinya selalu ramai dikunjungi, dengan cara berkunjung ke kandang masing-masing hewan ternak, nanti di sana akan ada petugas yang akan menampung pertanyaan dan menjelaskan detailnya.

“Hanya membayar Rp 10 ribu, pengunjung sudah bisa mengakses seluruh kandang, dan itu termasuk bonus satu botol susu sapi, tapi saat ini untuk kunjungan ke kandang sapi kita batasi dulu, karena mencegah PMK,” jelasnya.

Sementara itu, Supervisor Lapangan Sirukam Dairy Farm Muhammad Abduh menyebut, untuk kunjungan ke Sirukam Dairy Farm tidak memiliki persyaratan tertentu. Namun, yang untuk edukasi kebanyakan dari sekolah, mahasiswa, dan kelompok guru.

Pihaknya juga menyediakan paket tour untuk kelompok besar minimal 20 orang, dan bebas mengakses seluruh area peternakan ditambah tour guide, sambil bertanya-tanya seputar peternakan modern.

“Yang jelas di sini bisa semua, meskipun prioritas kita edukasi, tapi bagi pengunjung yang hanya ingin berswafoto juga bisa, disini tempatnya cukup instagramable,” katanya.

Salah seorang pengujung, Fajrina, 37, warga Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung mengatakan, Sirukam Dairy Farm cukup berbeda dari destinasi wisata yang ada di Kabupaten Solok lainnya, sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga.

“Tamannya cukup luas, anak-anak bisa bermain di sini, dan spot foto juga bagus-bagus, sementara suami saya ke kandang ayam atau sapi untuk melihat peternakannya,” jelasnya.

Pengunjung lainnya, Ella Ramadhani, 39, mengatakan, suasana di Sirukam Dairy sangat asri, dan memiliki taman yang luas cocok untuk berkumpul dengan keluarga sembari berswafoto.

Menurutnya, Sirukam Dairy menjadi pilihan tepat jika ingin berwisata dengan santai sekaligus menambah pengetahuan tentang peternakan. Apalagi, secara konsep sangat berbeda dengan objek wisata lainnya.

“Sangat berbeda dari kebanyakan objek wisata lain, di sini sangat mendukung untuk bersantai, pemandangannya juga bagus, dan nilai plusnya, di sini kita juga bisa membeli susu segar, tanaman hias dan melihat cara orang beternak,” pungkasnya. (***)