ASITA: Sumbar Fiesta Momentum Kebangkitan Wisata Ranah Minang

116

Kegiatan Pasar Wisata bertajuk “Sumbar Fiesta” yang diadakan Rooftop ZHM Grand Zuri Hotel Padang pada 3-7 Oktober 2021 oleh Dinas Pariwisata dinilai momentum kebangkitan kunjungan wisatawan ke ranah Minang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua ASITA Sumbar Arlan Dikusnata, Selasa (5/10/2021).

Menurut Arlan, kegiatan yang diadakan juga dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-73 itu, bagian dari upaya memasarkan potensi destinasi pariwisata di masa pemulihan pandemi Covid-19.

Pada pembukaan Sumbar Fiesta oleh Kadis Pariwisata Novrial, kata Arlan, disampaikan bahwa ada buyer yang terdiri dari sebanyak 30 agen tour and travel dari Batam, Jawa Barat, Jakarta dan Palembang yang ahli di bidangnya.

“Mereka nantinya diharapkan bisa mendatangkan wisatawan domestik ke Sumbar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan,” kata Arlan.

Sedangkan seller yang mengikuti kegiatan itu, kata Arlan, ada sekitar 60 peserta terdiri dari tour and travel, pihak hotel dan pengelola destinasi. Dari ASITA Sumbar juga ikut sekitar 13 tour and travel,” katanya.

Baca Juga:  Wisata Kaya Sejarah Kota Galamai: Menjemput Senja di Jembatan Ratapan Ibu

Dengan adanya Sumbar Fiesta ini, diharapkannya semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Sumbar, terutama dari grup keluarga, perusahaan dan komunitas.

Dalam Sumbar Fiesta ini, buyer dan seller pariwisata bertemu langsung serta bermitra dalam memasarkan destinasi serta paket-paket wisata.

“Kita optimitis wisata Sumbar bangkit, salah satunya lewat Sumbar Fiesta ini. Apalagi cakupan vaksinasi sudah lumayan tinggi. Destinasi yang dikunjungi terutama wisata alam yang kini menjadi fokus Pemda, seperti Mandeh, Geopark Sawahlunto, Solok, Solok Selatan serta Padangpanjang,” jelas Arlan.

Dalam waktu dekat, kata Arlan, direncanakan ada grup dari Palembang yang akan berkunjung ke destinasi industri kreatif di Sumbar. “Semoga tak ada kendala dan diharapkan ini salah satu momentum untuk menarik lebih banyak wisatawan ke depan dengan prokes yang sudah ditetapkan,” ujar Arlan.(idr)