Normal Baru, Aie Angek Dibuka Lagi

24
Objek wisata pemandian Aie Angek, Nagari Padangganting, Kabupaten Tanahdatar, dibuka kembali di fase normal baru. (Foto: IST)

Objek wisata pemandian Aie Angek, Nagari Padangganting, sudah mulai dibuka sejalan dengan penerapan era normal baru di Kabupaten Tanahdatar. Dalam masa pandemi, objek wisata itu ditutup pada 21 Maret lalu.

Pengelola objek wisata Air Angek, Amrul Agus mengatakan, pembukaan itu disetujui oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahdatar. Pemandian tersebut selama ini banyak dikunjungi masyarakat. Tidak saja warga dari Tanahdatar tapi juga dari luar Sumbar karena letaknya juga sangat straegis.

Selama ini, keberadaan pemandian objek wisata Air Angek dijadikan sebagai tempat terapi dan mengobati penyakit. Seperti penyakit stroke, gatal-gatal, kudis. Untuk mandi di objek wisata itu, pengunjung diingatkan untuk makan terlebih dulu sehingga tidak lemas saat berendam di air hangat.

“Alhamdulilah sebelum Covid-19  jumlah pengunjung mencapai 300 orang per hari. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Bukittinggi, Limapuluh Kota, Riau, termasuk juga turis asing,” ujarnya.

Bahkan setiap Selasa dan Sabtu jumlah pengunjung selalu membludak. Karena pada hari tersebut airnya lebih panas. Total kunjungan mencapai 500 orang pada harin tersebut. Untuk di era normal baru, pihaknya akan menerapkan prtokol kesehatan bagi pengunjung.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanahdatar, Abdul Hakim, didampingi Kabid Pariwisata Efrison, membenarkan objek pemandian wisata Air Angek sudah disetujui untuk dibuka. Ini disusul sejumlah objek wisata lainnya di Tanahdatar. Seperti Istano Basa Pagaruyung, Batu Angkek-Angkek, Tanjung Mutiara, Nagari Tuo Pariangan, dan Panorama Tabek Patah. (mal)