Pastikan Lokasi KTT ASEAN Summit 2023 Siap, Jokowi Tinjau Meurorah Labuan Bajo

33
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana meninjau tempat yang akan digunakan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang digelar Mei mendatang di Meurorah Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/3/2023).
“Kita mau pastikan semua siap untuk ASEAN Summit Mei 2023 di Labuan Bajo,” ujar Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Dirut InJourney  Dony Oskaria.
Di Labuan Bajo Presiden Jokowi juga meninjau dan meresmikan secara langsung Jalan Akses Labuan Bajo-Golo Mori di KM 16. “Pagi hari ini kita melihat bahwa jalan dari Labuan Bajo ke Golo Mori telah selesai. Ini akan memperbaiki konektivitas dalam rangka kita mengembangkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas,” ucap Presiden dalam sambutannya.

 

Tidak hanya mendukung pengembangan Labuan Bajo, Presiden juga menyebut jalan yang menghubungkan Labuan Bajo dan Golo Mori dapat mendukung perkembangan kawasan sekitarnya. Jalan akses sepanjang 25 kilometer tersebut dibangun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp481 miliar.

Baca Juga:  Larang Pejabat Buka Bersama, Jokowi: Santuni Yatim Piatu dan Gelar Pasar Murah

“Kawasan antara Labuan Bajo dan Golo Mori nanti akan bisa berkembang dengan baik,” tandasnya.

Golo Mori menjadi amazing itu ternyata mendapat sentuhan desain PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) yang dipimpin Dony Oskaria.
Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X NTT, Agustinus Junianto, menjelaskan bahwa sepanjang jalan akses tersebut juga dibangun beberapa jembatan dengan total panjang 175 meter.
“Di dalam pembangunan jalan ini ada jembatan yang kita bangun sepanjang 175 meter, ada empat jembatan yaitu Jembatan Naganae, Jembatan Wae Mburak, Jembatan Wae Kenari, dan juga Jembatan Soknar,” jelasnya.
Lebih lanjut, Agustinus menilai bahwa dengan dibangunnya jalan akses tersebut dapat memangkas waktu tempuh dari Labuan Bajo menuju Golo Mori. “Sebelumnya kalau dari Labuan Bajo sampai dengan di Golo Mori itu kita menempuh waktu kurang lebih dua sampai tiga jam, kalau sekarang hanya 30 menit,” jelasnya.(rel)