Simak Waktu di Mana 8 Negara Ini Tanpa Malam Hari

17
St Petersburg, Rusia

Di dunia ternyata ada negara tanpa malam hari? Fenomena unik ini disebut juga dengan midnight sun atau matahari tengah malam, dan merupakan hal yang lazim terjadi.

Negara yang tidak mempunyai malam hari bukanlah tanpa sebab. Alasan utama matahari tidak tenggelam adalah karena pengaruh rotasi dan revolusi bumi. Seperti diketahui, bumi terus berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari pada porosnya dengan kemiringan sekitar 23o. Salah satu akibat dari rotasi dan revolusi bumi adalah terjadinya siang dan malam.

Selain itu, selama berevolusi, periode siang dan malam di bumi berbeda-beda. Tidak semua bagian bumi mengalami siang dan malam dengan durasi yang sama. Bagian bumi sebelah utara merupakan bagian bumi yang mengalami midnight sun.

Fenomena ini terjadi pada saat puncak musim panas. Di musim ini, sebagian negara di utara bumi jadi tidak mengalami malam hari. Fenomena midnight sun inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Ada 8 negara yang mempunyai kota dengan fenomena midnight sun:

  1. Alaska

Alaska merupakan negara tanpa siang hari yang wajib kamu kunjungi. Negara bagian Amerika Serikat ini akan mengalami midnight sun selama kurang lebih 90 hari mulai dari bulan Mei sampai Juli. Bulan ini merupakan puncak musim panas di Amerika.

Pada bulan-bulan ini, kamu tidak akan melihat matahari terbenam, matahari hanya akan menyentuh garis cakrawala saja. Selain menikmati midnight sun, kamu juga bisa mengunjungi banyak tempat wisata menarik di sini.

Negara Alaska terkenal dengan landscape pemandangan alamnya yang menakjubkan. Ada banyak pegunungan tinggi yang tertutup salju abadi.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di sini adalah Tracy Arm. Tempat ini merupakan taman nasional Alaska yang sangat indah dengan pegunungan yang menjulang tinggi.

  1. Kanada

Tidak hanya Alaska, Kanada juga termasuk salah satu negara bagian Amerika yang mempunyai fenomena midnight sun. Namun tidak semua kota yang ada di Kanada mengalaminya, kota tanpa malam hari di Kanada adalah Kota Yukon.

Yukon merupakan kota paling utara yang ada di Kanada. Biasanya kota ini tidak mempunyai malam hari di bulan Juni sampai Agustus.

Kamu yang ingin menikmati midnight sun di Kanada, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Emerald yang ada di Yukon. Tempat ini merupakan salah satu tempat terpopuler di Kanada. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan berfoto dengan latar belakang danau hijau kebiruan.

  1. Finlandia

Negara yang tanpa malam hari selanjutnya adalah Finlandia. Negara ini merupakan negara paling utara di Eropa. Tidak salah jika pada musim panas atau sekitar bulan Juni sampai Agustus, Finlandia tidak mempunyai malam hari.

Musim panas di Finlandia sangat menyenangkan, kamu bisa berwisata ke banyak tempat dan menikmati keindahan alamnya sepanjang hari. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati midnight sun Finlandia ada di Helsinki.

Selain berwisata alam, kamu juga bisa menikmati wahana permainan seru di Linnanmaki. Kamu juga bisa mengunjungi Suomenlinna yang merupakan salah satu tempat bersejarah Finlandia.

  1. Swedia

Salah satu negara Eropa Utara yang tidak mempunyai malam hari adalah Swedia. Fenomena midnight sun di Swedia dimulai pada tanggal 27 Mei sampai 18 Juli. Di antara tanggal-tanggal inilah Swedia tidak mengalami malam hari.

Baca Juga:  Air Terjun Kulukubuk Mentawai, Kolaborasikan Wisata Alam dan Budaya

Tempat terbaik untuk menikmati fenomena ini adalah di Lapland. Selain itu, Kota Abisko dan Jokkmokk juga menjadi destinasi terbaik wisatawan asing menikmati fenomena ini.

Kamu juga bisa menikmati liburan musim panas di Liseberg yang merupakan taman bermain terbesar dan tertua di Eropa. Ada banyak wahana menyenangkan dan seru yang bisa kamu coba di sini.

  1. Norwegia

Norwegia tanpa malam sudah sangat terkenal, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata musim panas terkenal di dunia. Negara ini mempunyai julukan “The Land of The Midnight Sun.”, sebab kamu bisa menikmati matahari di malam hari dengan pemandangan yang menakjubkan.

Negara ini akan mengalami midnight sun di puncak musim panas tepatnya di bulan Mei hingga Juli. Tempat terbaik untuk menikmati fenomena alam ini di Kota Tromso, di mana kamu tidak akan merasakan malam hari selama musim panas.

Agar liburan musim panas kamu semakin lengkap dan menyenangkan, kamu juga harus mengunjungi Geirangerfjord. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam hijau dengan aliran sungai yang indah. Kamu juga bisa staycation di desa Geiranger untuk menikmati keindahan alamnya.

  1. Greenland

Salah satu negara yang tidak mengalami malam hari pada saat musim panas adalah Greenland. Negara bagian Amerika Utara ini akan mengalami siang selama 24 jam pada akhir bulan Mei sampai akhir bulan Juli.

Di puncak musim panas ini, Greenland yang terkenal dengan bentang alamnya akan tampak lebih indah. Kamu bisa menyaksikan puncak bukit dan gunung es bermandikan cahaya merah, kuning, dan ungu yang indah.

Tempat terbaik untuk menikmati fenomena ini ada di Kota Qaanaaq. Selain itu, kamu juga bisa ikut tour melihat ikan paus langka yang hanya muncul di musim panas.

  1. Islandia

Islandia juga menjadi salah satu negara yang mempunyai fenomena midnight sun ketika musim panas. Negara ini akan mengalami fenomena ini pada bulan Mei sampai Juni.

Namun berbeda dengan negara lainnya yang 24 jam matahari terus bersinar, di Islandia matahari tetap terbenam. Namun lama malam hari di Islandia sekitar 3 sampai 4 jam saja.

Berlibur ke Islandia pada saat musim panas memang sangat menyenangkan. Kamu bisa puas liburan tanpa mengenal malam hari.

Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di negara ini adalah Air Terjun Dettifoss dan Seljalandsfoss, yang merupakan air terjun terbesar dan terderas di Eropa. Selain itu, kamu juga bisa berendam di air panas Blue Lagoon yang terkenal dengan keindahan alamnya.

  1. Rusia

Salah satu kota di Rusia yang mengalami midnight sun adalah St Petersburg. Pada tanggal 11 Juni sampai 2 Juli di tempat ini matahari akan bersinar selama 24 jam.

Selama periode ini ada banyak festival yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah konser opera dan balet. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata sungai dengan menaiki kapal. (*)