Peserta Gowes Wisata Puas, AWR: Iven Luar Biasa, Berdampak Ekonomi

120

Sekitar 250 peserta Minang Geopark Cycling-Gowes Explore Matur, Kabupaten Agam yang start dan finish di objek wisata Lawang Adventure Park, Minggu (19/12/2021) tampak sangat antusias.

Para pesepeda dari berbagai provinsi itu, mengelilingi lima nagari di Kecamatan Matur. Mereka sangat menikmati sensasi gowes dengan suasana kampung, perkebunan tebu, cagar budaya masjid pincuran gadang, benteng Belanda di Andaleh dengan view 5 gunung serta daya tarik lainnya di sepanjang rute yang disiapkan panitia secara apik dan profesional sesuai standar.

Ketua Panitia Pelaksana Delmiwardi sangat puas dengan kesuksesan iven yang melibatkan komunitas sepeda lokal saka Lawang dan pokdarwis nagari Lawang serta para pemuda nagari ini.

“Alhamdulillah even yang digelar dengan prokes ketat ini berjalan lancar. Semua peserta senang dan takjub dengan alam kita. Terpenting sekali, iven ini berdampak terhadap ekonomi masyarakat dan tentu saja mempromosikan destinasi wisata Sumbar khususnya Agam serta gowes wisata ini kepada seluruh komunitas sepeda di Indonesia bahkan dunia,” ungkapnya.

Bukti dari adanya dampak terhadap masyarakat itu, kata Delmi, salah satunya adalah homestay-homestay di desa wisata Lawang dan Matur terisi oleh peserta. Belum lagi mereka berbelanja selama mengikuti gowes.

Selain itu, banyak di antara peserta yang berkeinginan untuk bisa kembali lagi berwisata bersama keluarga ke Agam.

“Insya Allah mereka akan kembali lagi datang dengan keluarga dan rombongan untuk menginap di homestay yang ada di Matur,” tambah inisiator iven yang juga putra Matur, Zuhrizul Chaniago.

Baca Juga:  Sandi Angkat Yuliandre Darwis jadi Pengarah Tim Evaluasi KEK Pariwisata

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung iven, seperti para sponshorship dan komunitas lokal.

“Ini akan kita jadikan iven tahunan, dan tentu saja uven kedua dan berikutnya lebih besar lagi seiring berakhirnya pandemi Covid-19 nantinya,” ucap Elvis Kasmir, panitia yang berpengalaman menggelar iven wisata minat khusus lewat Regina Adventure.

Bupati Agam Andri Warman sangat mengapresiasi kegiatan Minang Geopark Cycling. “Ini inisiatif sangat luar biasa baik bagi pariwisata daerah. Walau tidak termasuk kalender iven Dinas Pariwisata Agam, tapi adik-adik sangat profesional menggelar iven ini. Kami Pemkab Agam mengucapkan terima kasih dan akan terus mendukung iven-iven wisata berbasis desa wisata dan komunitas serta pokdarwis ini. Karena dampaknya terbukti langsung dirasakan masyarakat,” jelas bupati yang sering disapa AWR ini.

Menariknya, lagi dalam rangkaian Minang Geopark Cycling ini, Forum Ekonomi Kreatif Sumbar menggelar pertunjukan seni tradisi Sensations of Lawang. Forum yang dimotori Yulviadi (Abang Adek) ini, menghadirkan para pegiat seni ternama di Sumbar, seperti Rani Jambak, Jaguang Talempong dan Salingka Art.

Yulviadi yang juga Owner Kopi Batigo, berkomitmen untuk terus menggelar dan membina para talenta-talenta muda untuk menyalurkan bakat mereka sehingga menjadi talenta muda berkualitas bagi kemajuan Sumbar.(ptr)