Kuliah Umum di STAI-YKI Sumbar, Wawako Hendri Galakkan Wisata Halal

22

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri sekaligus memberikan kuliah umum dalam acara pelantikan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Kebangkitan Islam Sumatera Barat (STAI-YKI Sumbar), Dr.(Cand) Afrizal,MA, masa bakti 2021-2025, di aula kampus  STAI-YKI Sumbar, Jalan Rusuna Said, Sabtu (20/2/2021).

Pelantikan dipimpin Kepala Yayasan STAI-YKI Sumbar, Drs. H. Zen, dan dihadiri oleh segenap pengurus STAI-YKI Sumbar. Wawako Hendri menyampaikan kuliah umum dengan judul, “Pariwisata Halal”.

Wawako Hendri Septa terutama sekali menyampaikan ucapan selamat kepada Afrizal yang telah dilantik menjadi Ketua STAI-YKI Sumbar masa bakti 2021-2025.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang saya ucapkan selamat kepada Afrizal. Semoga dibawah kepemimpinan Afrizal, STAI-YKI Sumbar akan lebih maju lagi, mampu melahirkan mahasiswa yang unggul dalam ilmu akademik dan keagamaan, serta mampu membawa STAI-YKI Sumbar menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indoneisa” sebut Hendri.

Terkait wisata halal, kata Hendri, sejak Sumatera Barat mengukuhkan diri sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia pada ajang World Halal Tourism Award 2016, otomatis Kota Padang pun identik dengan kota “Halal Tourism”.

Baca Juga:  Usai Operasi Ketupat, Kapolres Padangpanjang 'Sikat' 30 Kubik Sampah

“Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk menarik para wisatawan muslim mancanegara datang ke Indonesia. Caranya adalah dengan menyediakan restoran halal (tidak menjual makanan dan minuman non halal), penginapan halal, fasilitas ibadah yang dilengkapi dengan kamar mandi dan air untuk wudhu,” jelas Hendri.

Hendri menambahkan, konsep wisata halal sejalan dengan visi Wali Kota Padang dan Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2024, yakni, “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang Yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul Serta Berdaya Saing”.

“Kita bertekad mendukung dan menggalakkan konsep wisata halal di Kota Padang. Kita coba bekerja sama dengan para pemilik hotel dalam upaya memajukan industri pariwisata halal di Kota Padang,” pungkas Hendri.(rel).