Jelang Visit Beautiful West Sumatera 2023, Dispar Undang Tourism Malaysia

64

Setelah digaungkan oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dalam ekspedisi wisata ke Mentawai akhir pekan kemarin, dukungan terhadap Visit Beautiful West Sumatera (VBWS)  2023 terus mengalir.

Direktur Tourism Malaysia di Medan/ Konsul Pariwisata Konsulat Jenderal Malaysia Hishamuddin saat bertemu Kadisparprov Sumbar Luhur Budianda menyampaikan, pihaknya siap bekerja sama dalam menyukseskan tahun kunjungan wisata ke Sumbar 2023.

Tourism Malaysia atau Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB) adalah badan resmi di bawah Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia. Tourism Malaysia Medan fokus mempromosikan pariwisata Malaysia di wilayah Pulau Sumatera atau 10 provinsi di Pulau Sumatera. Tourism Malaysia memasarkan Malaysia sebagai destinasi wisata unggulan dan menjadikan industri pariwisata sebagai kontributor utama pembangunan sosial ekonomi bangsa.

Kadisparprov Budi didampingi Kabid Pemasaran Hendri Agung menerangkan bahwa pihaknya telah lama menjalin hubungan baik dengan Tourism Malaysia Medan, terutama di era kepemimpinan Hishamuddin yang akrab dipanggil Hisham. Apalagi, sebelum pandemi sangat banyak wisatawan dari negeri Jiran yang berwisata ke Sumbar, begitu pula sebaliknya.

“Khusus kami undang Bapak Hisham untuk sharing knowledge dan experience jelang Beautiful West Sumatera 2023,” kata Budi.

Hisham merupakan pejabat senior di Kementerian Pariwisata Malaysia yang telah berpengalaman dalam penyelenggaran “Visit Year” baik di tingkat nasional (Malaysia) termasuk di Negeri Sembilan dan Malaka.

Baca Juga:  Jadi Primadona, 3 Pantai Makin Memesona

Selanjutnya Budi menyampaikan bahwa Hisham juga memberikan contoh konsep “Pusing Selangor Dulu” yang merupakan tagline Negeri Bagian Selangor yang merupakan destinasi utama wisatawan luar negeri yang datang ke Malaysia.

Selain VBWS 2023, dibahas juga berbagai isu strategis lain, di antaranya kemungkinan dibukanya perbatasan kedua negara. Artinya, dibukanya kembali penerbangan langsung Padang-Kualalumpur melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) serta rencana Langkawi Travel Buble.

Hisham didampingi Marketing Manager Tourism Malaysia Medan TW Harsono Pane menjelaskan bahwa dengan rencana dibukanya perbatasan kedua negara, berarti kedua belah pihak harus mempersiapkan diri dengan baik dalam mengantisipasi arus wisatawan dan rencana pertemuan pelaku bisnis Sumatera Barat dan Malaysia, khususnya di sektor pariwisata.

“Kami sangat mendukung rencana VBWS 2023. Dengan adanya penerbangan langsung Kualalumpur-Padang, Sumatera Barat adalah mitra strategis untuk kolaborasi yang saling menguntungkan. Kami mengajak Dinas Pariwisata Sumbar untuk sama-sama menggandeng maskapai penerbangan untuk mendukung VBWS 2023 dan rencana-rencana strategis lainnya,” pungkas Hisham.

Selanjutnya Budi menyampaikan bahwa konsep VBWS 2023 ini akan terus dimatangkan. Dispar akan mengundang seluruh stakeholders untuk meminta saran dan masukan serta kolaborasi.

“Kami sangat optimistis, dengan dukungan seluruh pihak terkait yang berkompeten, VBWS bisa terlaksana dengan baik dalam upaya membangkitkan kembali Sektor Pariwisata yang terpuruk dilanda Pandemi Covid-19,” tukasnya.(rel/idr)