Wisatawan Lokal Ayo ke Mentawai, Novrial: Kapal Cepat, Fasilitas Oke

212

Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat giliran sebagai tuan rumah rapat koordinasi Dinas Pariwisata (Rakor Dispar) Provinsi bersama Kabupaten/ Kota se-Sumbar. Rakor berlangsung pada 22-24 Maret ini dibuka Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.

Wagub Sumbar Audy tiba Selasa 23 Maret 2021 pukul 13.30 di Bandara Rokot, Tuapejat Mentawai. Audy langsung menghadiri presentasi dari Otoritas Bandara tentang perkembangan pelaksanaan pembangunan Rokot yang disusul oleh peninjauan lapangan.

Selain menghadiri rakor, Audy juga bermalam di Tuapeijat untuk kunjungan kerja selama dua hari dengan berbagai agenda, seperti peninjauan lapangan ke beberapa Daya Tarik Wisata (DTW) dan  pertemuan dengan berbagai stakeholders kepariwisataan.

Kadispar Sumbar Novrial menjelaskan bahwa Dispar Sumbar berkomitmen mengadakan rakor bergiliran di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Sepanjang tahun 2020 Dispar Sumbar telah melaksanakan empat kali rakor yang diselenggarakan bergiliran di Kabupaten Agam, Tanahdatar, Pesisir Selatan dan Kota Payakumbuh.

“Untuk tahun 2021, Rakor di Mentawai ini adalah yang kedua. Rakor pertama tahun 2021 diadakan di Kota Pariaman beberapa waktu lalu yang khusus membahas desa wisata,” terang Novrial didampingi Kabid Pemasaran Agung Indrianto.

Selanjutnya Novrial menyampaikan bahwa saat ini salah satu fokus utama adalah bagaimana mengubah imej Mentawai yang selama ini terkesan sebagai destinasi wisata ekslusif.

Mentawai yang memiliki banyak potensi wisata mempesona dianggap hanya untuk wisatawan mancanegara dan surfer (peselancar) saja. Masih banyak wisatawan domestik potensial yang beranggapan belum tersedianya amenitas yang memadai dan sulitnya transportasi dari dan ke Mentawai.

Baca Juga:  Tindaklanjuti Kunjungan ke Sumbar, Kemenparekraf Bergerak Cepat

“Saat ini, dengan adanya kapal cepat Mentawai Fast, perjalanan ke Mentawai bisa ditempuh dalam waktu cukup singkat, aman dan nyaman. Selain resort, berbagai tipe akomodasi dengan fasilitas sangat memadai dan layak dengan harga terjangkau bagi wisatawan nusantara juga sudah banyak tersedia di Mentawai. Informasi inilah yang harus lebih kita sebarluaskan lagi ke target market wisatawan potensial,” terang Novrial.

Rakor dihadiri sekitar 100 orang peserta dan digelar pameran UMKM Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain dihadiri Kadispar Kabupaten dan Kota se Sumbar, rakor kali ini juga dihadiri Tim Perumus RPJMD Provinsi yang diwakili Muhammad Zuhrizul dan mengikutsertakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar, antara lain Bappeda, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebudayaan dan Biro Kerja Sama dan Rantau.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya Rakor Dispar se-Sumbar di Mentawai. Sebagai wilayah dengan potensi pariwisatanya yang telah mendunia. Tentunya demi kemajuannya, Mentawai butuh dukungan dan sumbang saran dari berbagai pihak serta promosi yang lebih gencar untuk menyebarluaskan potensi yang kami miliki,” ungkap Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet.

Yudas juga berharap akan banyak rakor-rakor serupa diadakan di Mentawai. “Bagi bapak dan ibu peserta rakor, kami tunggu kedatangannya kembali,” ucapnya.(rel)

Previous articleBasrief Arief Meninggal Dunia, SBY: Penegak Hukum yang Amanah & Lurus
Next articleSMK SMTI Padang Kembali Gelar Seminar Guru BK SMP/MTs Se-Sumbar