Pengunjung Objek Wisata Membeludak, Tak Pakai Masker Dilarang Masuk

Para wisatawan memadati Pantai Padang untuk menikmati keindahan pantai dan matahari terbenam di sore hari, kemarin. (IST)

Pengunjung objek wisata Pantai Airmanis dan Gunung Padang meningkat selama libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama, sejak Kamis hingga Minggu (20-23/8). Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang, Arfian kepada Padang Ekspres kemarin (23/8) mengatakan, persentase peningkatan kunjungan tersebut sekitar 30 sampai 40 persen jika dibanding hari biasa.

“Objek wisata Gunung Padang hampir sama kondisinya. Persentase kunjungannya juga meningkat sekitar 30 sampai 40 persen. Kalau di Pantai Padang, kita tidak tahu angka pastinya sebab tidak ada tolok ukurnya, tapi Pantai Padang emang luar biasa ramainya selama libur empat hari ini,” katanya.

Dia menambahkan, peningkatan persentase kunjungan objek wisata tersebut tetap diiringi dengan penerapan protokol kesehatan. Seperti para pengunjung diwajibkan memakai masker sebelum memasuki area objek wisata.

“Terutama bagi para pengunjung untuk objek wisata Pantai Airmanis dan Gunung Padang, kalau tidak pakai masker tidak diizinkan masuk. Kami arahkan untuk putar balik, kalau sudah ada masker baru diizinkan masuk,” imbuhnya.

Tapi kalau untuk di Pantai Padang emang agak susah diterapkan, karena berada di jalan umum. “Namun, petugas kita di lapangan bersama instansi terkait tetap standby mengawasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar memakai masker, sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban,” sambung Arfian.

Di sisi lain, pendapatan asli daerah (PAD) dari objek wisata Gunung Padang mengalami peningkatan sebanyak 20 persen selama diterapkannya pola hidup baru hingga libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama ini. “Kalau Gunung Padang kita tidak tahu sebab sekarang bukan lagi dikelola oleh Dinas Pariwisata tetapi dikelola Perumda,” sebut mantan Camat Padang Barat ini.

Baca Juga:  Usung Konsep Wisata Water Front City

Terkait kembali meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Kota Padang, Arfian mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang.

“Jika memang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang memutuskan untuk kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kami akan menutup kembali semua objek wisata dan industri pariwisata,” kata Arfian.

Pantauan Padang Ekspres kemarin (23/8) sekitar pukul 17.15, objek wisata Pantai Padang memang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Ini dibuktikan dengan banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang lalu lalang serta parkir di sepanjang jalan umum kawasan Pantai Padang.

Tidak hanya itu, para wisatawan, baik lokal maupun dari luar Kota Padang juga tampak memadati bibir Pantai Padang untuk menikmati keindahan pantai dan matahari terbenam di sore hari bersama para keluarga.

Salah seorang pengunjung Pantai Padang asal Dharmasraya, Yosep Rizal, 34, mengatakan, dia sengaja membawa keluarga untuk berwisata ke Kota Padang, saat libur panjang ini.
“Ya mumpung libur empat hari kan, jadi sengaja bawa keluarga untuk liburan ke Kota Padang. Kita tadi sebelum ke Pantai Padang ini, udah ke Pantai Airmanis juga. Wah pokoknya bahagia bisa libur panjang gini, bisa refreshing bareng keluarga,” tuturnya. (i)