Objek Wisata Bukittinggi Dibuka Bertahap, Seluruh Pekerja Dites Swab

65
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Wako Bukittinggi Ramlan Nurmatias meninjau Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. (Foto-Humasprov)

Pemerintah Kota Bukittinggi optimistis menjadi daerah percontohan penerapan tatanan normal baru (new normal) yang aman dari Covid-19.

Seluruh aspek terkait penerapan new normal telah dikaji dan diterapkan secara menyeluruh sebelum membuka secara bertahap semua objek wisata.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan pihaknya telah melakukan tes swab bagi pekerja di tempat tempat objek wisata, restoran dan rumah makan serta hotel.

Sedangkan untuk rumah ibadah, pihaknya juga mengatur agar sesuai dengan protokol kesehatan.

“Bahkan sampai posisi mimbar di masjidpun kami atur. Harus ada jarak antara khatib dengan jamaah,” tukasnya saat mendampingi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau sejumlah titik fasilitas umum di Kota Bukittinggi, Sabtu (30/05/2020).

Secara bertahap, kata Ramlan, perekonomian kembali dipulihkan dengan membuka kembali semua objek wisata, perhotelan, pasar, sekolah, serta tempat ibadah dengan peraturan protokol kesehatan.

Selain itu, secara massif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk edukasi kepada siswa tentang Covid-19 sehingga memiliki pemahaman sama dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Agar itu semua berjalan, pihaknya telah menyiapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol Covid-19 yang telah ditetapkan.

“Jika kedapatan tidak pakai masker, kami minta yang melanggar itu membeli tiga masker,” tambahnya.(esg)