Puncak Bukit Gado-Gado Ramai Dikunjungi, Bisa jadi Destinasi Wisata

Bukit Gado-gado. (net)

Kota Padang memiliki beragam jenis wisata yang menawarkan banyak keindahan. Seperti puncak Bukit Gado-Gado. Tempat ini kini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam dari atas ketinggian.

Sebenarnya keberadaan Bukit Gado-Gado sudah lama diketahui masyarakat Kota Padang, khususnya komunitas olahraga paralayang yang menjadikan puncak bukit tersebut sebagai titik take off.

Namun sejak tiga bulan terakhir, Bukit Gado-Gado mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat khususnya generasi muda yang ingin melihat dan merasakan keindahan Kota Padang dari ketinggian puncak Bukit Gado-Gado tidak terlalu jauh dari pusat Kota Padang. Jika ingin pergi ke Bukit Gado-Gado, pengunjung bisa melewati dua akses jalan menuju lokasi wisata baru tersebut.

Akses jalan pertama menuju Bukit Gado-Gado adalah di jalan lama menuju Pantai Airmanis tepatnya masuk dari simpang SMAN 6 Padang di Kelurahan Matoaia, Kecamatan Padang Selatan.

Sementara untuk akses jalan kedua, pengunjung bisa melewati akses jalan baru menuju pantai Airmanis. Jika sudah sampai di simpang tiga menuju Pantai Airmanis, pengunjung belok kiri dan mengikuti jalan tersebut.

Jika ingin pergi ke Bukit Gado-Gado, pengunjung harus sedikit hati-hati lantaran kedua akses jalan menuju Bukit Gado-Gado didominasi oleh tanjakan yang lumayan tinggi.
Untuk sampai ke puncak Bukit Gado-Gado, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit sampai 15 menit dengan medan jalan yang menanjak. Sementara kendaraan di parkir tepat di pintu masuk Bukit Gado-Ggado dengan tarif sebesar Rp 3 ribu.

Meskipun harus menempuh jalan yang menanjak, perjuangan tersebut langsung bisa terbayarkan ketika sudah sampai ke puncak Bukit Gado-Gado. Bagaimana tidak, pemandangan pertama yang akan dilihat adalah hamparan laut lepas dan pulau-pulau kecil serta kapal-kapal yang bersandar di Pantai Airmanis.

Pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan Samudera Hindia saja, tapi juga suasana Kota Padang dari ketinggian dengan gedung-gedung dan rumah-rumah masyarakat yang terasa kecil jika sudah berada di puncak Bukit Gado-Gado.

Tiap harinya, mulai dari pukul 16.00 sampai 18.30, puluhan bahkan ratusan pengunjung datang ke Bukit Gado-Ggado hanya untuk melihat keindahan Kota Padang baik lautnya maupun tatanan kotanya.

Baca Juga:  Usung Konsep Wisata Water Front City

Salah seorang pengunjung Bukit Gado-Gado, Putri, 25, kepada Padang Ekspres mengatakan pemandangan yang disuguhkan di atas Bukit Gado-Gado sangat indah.
Meskipun akses menuju puncak Bukit Gado-Gado ini lumayan berat, namun ketika sampai di puncak semua letih dan penat tadi hilang melihat indahnya Pantai Airmanis dari ketinggian. “Yang paling luar biasa itu adalah pemandangan sunset atau matahari terbenam. Tidak ada hambatan yang menghalangi pemandangan sunset, jadi bisa puas melihatnya,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, Tiara Wahyuni, 24, mengatakan, dirinya sengaja pergi ke Bukit Gado-Gado karena objek wisata baru itu tengah viral di berbagai media sosial seperti Facebook dan Instagram. “Bukit Gado-Gado ini lagi viral-viralnya di berbagai media sosial. Maka saya penasaran dengan Bukit Gado-Gado ini,” ujarnya.

Ketika tiba di puncak bukit, pengunjung tidak hanya melihat pemandangan lautan lepas tapi juga melihat bangunan dan tatanan Kota Padang dari ketinggian. “Apalagi kalau malam hari, lampu-lampu bangunan semakin mempercantik pemandangan Kota Padang dari Bukit Gado-Gado,” ungkapnya.

Sementara itu, ramainya pengunjung di Bukit Gado-Gado, berdampak positif bagi pedagang minuman yang berjualan di sana. Pedagang minuman, Nani, 38, mengatakan, Bukit Gado-Gado mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak 3 bulan yang lalu.

Sebelumnya Bukit Gado-Gado ini hanya dijadikan tempat untuk olahraga paralayang.
“Hari Senin sampai Jumat saya bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu per harinya, sedangkan Sabtu dan Minggu bisa mencapai Rp 300 ribu sehari,” ungkapnya yang mulai berjualan sejak pagi hari hingga pukul 18.30.

Terpisah, Camat Padang Selatan Teddy Antonius mengatakan, Kecamatan Padang Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya dengan potensi wisata. “Bukit Gado-Gado merupakan tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Dari atas Bukit Gado-Gado pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Kita bisa melihat hamparan laut dan pantai serta Kota Padang,” kata Teddy.

Teddy berharap, dengan berkembangnya potensi pariwisata di kawasan ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan juga bisa melahirkan pelaku-pelaku usaha baru di sektor UMKM. (a)